Waduh ! ASN di Loteng Meninggal Akibat HIV/AIDS

Waduh ! ASN di Loteng Meninggal Akibat HIV/AIDS

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Dinas Sosial Lombok Tengah (Loteng), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebut dari 174 data Akumulatif masyarakat Loteng yang terdeteksi terjangkit HIV/AIDS, salah satunya berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab. Loteng.

Namun Dinas Sosial Loteng tidak menyebutkan identitas ASN yang terdetesi terjangit HIV/AIDS itu dengan alasan bukan untuk menjadi konsumsi publik dan hannya boleh diketahui oleh lembaga yang menangani persoalan HIV/AIDS yakni Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Loteng.” 174 Data Akumulatif dari tahun 2003  sampai dengan tahun ini, data itu termasuk penderita HIV/AIDS yang sudah meninggal. Salah satunya berstatus ASN warga Kecamatan Praya,” sebut Kasi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang (RSTS & KPO), pada Dinas Sosial Loteng, H. Sunangun, Kamis (5/10/2017).

ASN Lingkup Pemkab. Loteng  berjenis kelamin laki – laki itu, kata H. Sunangun telah meninggal dunia akibat virus HIV/AIDS. Namun H. Sunangun tidak ,menyebutkan hari, tanggal dan tahun ASN Lingkup Pemkab. Loteng  yang meninggal akibat Virus mematikan tersebut.” Dia (ASN-red) sudah meninggal dunia,” katanya.

Yang menjadi kekawatiran lanjut, H. Sunangun, Virus HIV/AIDS yang menyerang ASN itu menular ke Istrinya. Dan bila Virus itu menjangkit Istri dari ASN tersebut, perlu mendapatkan perhatian khusus dari KPA Loteng.” HIV/AIDS ini menular melalui hubungan seks. Kalau Istri ASN itu terjangkit, dikawatirkan kalau dia (Istri ASN – red) kawin lagi. Untuk itu perlu ada penanganan khusus dari KPA, karena KPA yang lebih tahu data dan siapa masyarakat yang terjangkit HIV/ AIDS,” ungkapnya.

Dari 174 data akumulatif masyarakat Loteng yang terjangkit HIV/AIDS itu, kata H. Sunangun, didominasi kaum hawa atau ibu rumah tangga.

Menurut H. Sunangun, Ibu Rumah Tangga itu terjangkit HIV/AIDS bukan karena melakukan Seks bebas tanpa pengaman, melainkan diduga tertular melalui pasangannya yakni para Suami.”Mungkin suami mereka suka jajan diluar,” ucapnya.

Sampai dengan saat ini Dinas Sosial Loteng tidak memiliki program bantuan khusus kepada masyarakat yang terjangkit HIV/AIDS. Dan penanganan termasuk program pencegahan penularan virus HIV/ AIDS itu ditangani KPA Loteng.” Belum ada bantuan maupun program dari Dinas Sosial,” ujar H. Sunangun. (slNews.com – rul).

No Responses

Tinggalkan Balasan