Kecamatan Praya Barat Raih Juara Umum MTQ ke – XXVII

Kecamatan Praya Barat Raih Juara Umum MTQ  ke –  XXVII

Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, S.Ip (kiri) menyerahkan Pila Bergilir MTQ Tingkat Kabupaten Lombok Tengah kepada Camat Praya Barat HL. Zaini (kanan) pada acara Penutupan MTQ ke XXVII Tingkat Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2017 di Lapangan Otak Desa, Desa Mantang, Kecamatan Batukliang, Rabu Malam, (26/4/2017)”

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com | Penutupan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Tengah  (Loteng) Tahun 2017 yang digelar di Lapangan Otak Desa, Desa Mantang, Kecamatan Batukliang, Rabu Malam, (26/4/2017) berlangsung hidmat dan meriah.

Ribuan masyarakat memadati lapangan Otak Desa untuk menyaksikan dan memeriahkan serta mensukseskan acara MTQ  ke – XXVII.

Pada malam penutupan MTQ ke XXVII,  masyarakat dihibur  dengan sejumlah musik kesenian bernuansa islami , seperti kasidah,  marawis dan tari rudat yang dibawakan siswi/siswa  SD, SMP dan SMA/SMK.

Tidak itu saja masyarakat juga dihibur lantunan musik bernuasa Islami dari  Maiq Meres Musik Group (M3G).

Kegiatan Penutupan MTQ ke – XXVII Tingkat Kabupaten Loteng  2017, oleh Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, S.Ip itu dihadiri jajaran Forkompinda Loteng, Kepala SKPD Lingkup Pemkab. Loteng, tokoh agama,  adat dan masyarakat.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dewan Hakim MTQ ke XXVII Tingkat Kabupaten Loteng  2017,  Nomor 02/DH.MTQ-XXVII/LTH/2017, tanggal, 26 April 2017, tentang Penetapan Peserta Terbaik dan Peserta terbaik dan harapan pada MTQ XXVII Tingkat Kabupaten Loteng  2017, memutuskan dan menetapakan Kecamatan Praya Barat sebagai juara umum MTQ XXVII Tingkat Kabupaten Loteng Tahun 2017 dengan nilai 82.

Diurutan kedua diraih Kecamatan Praya dengan nilai 61. Juara tiga Kecamatan Jonggat dengan nilai 58. Juara empat Kecamatan Praya Tengah dengan nilai 41. Juara Lima Kecamatan Pujut dengan nilai 39. Untuk juara enam dirahi Kecamatan Kopang dengan nilai 35. Sedangkan Tuan Rumah Pelaksanaan MTQ ke XXVII yakni Kecamatan Batukliang keluar sebagai juara Tujuh dengan nilai 32. Juara Delapan Kecamatan Praya Barat Daya dengan nilai 24. Diurutan ke sembilan Kecamatan Batu Kliang Utara dengan nilai 20, di urutan ke sepuluh Kecamatan Janapria dengan nilai 18. Dan diurutan kesebelas di rahi Kecamatan Praya Timur dengan nilai 9, sedangkan Kecamatan Pringgarata berada di urutan terakhir yakni urutan kedua belas dengan nilai 8.

Dalam lampiran Keputusan Dewan Hakim MTQ ke XXVII Tingkat Kabupaten Loteng 2017 itu, memutuskan Koriq terbaik  jatuh kepada Harun Alrasit utusan dari Kecamatan Praya, sedangkan Koriqah terbaik jatuh kepada Siti Zaenab  utusan dari Kecamatan Pujut.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, memberikan apresiasi yang sebesar – besarnya kepada peserta dan Panitia MTQ XXVII Tingkat Kabupaten Loteng  2017, termasuk kepada Camat Batukliang yang telah mempersiapkan pelaksanaan MTQ dengan baik, sehingga pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan sukses dan meriah.

Dalam kesempatan tersebut, Lalu Pathul Bahri mengajak dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Bumi Tatas Tuhu Trasna, khususnya kepada pengurus Musolla maupun Masjid  untuk memakmurkan Al Qur’an dalam rangka mengetaskan Buta Aksara Al Qur’an, yakni dengan  mengajarkan membaca Al Qur’an kepada putra – putri sejak usia dini.” Mari kita bersama – sama memakmurkan Al Qur’an, untuk mengetaskan Buta Aksara Al Qur’an,” ungkapnya.

Bagi peserta yang keluar sebagai juara pada MTQ XXVII Tingkat Kabupaten Loteng  2017, akan di tunjuk sebagai wakil loteng  pada MTQ Tingkat Provinsi NTB yang akan di laksanakan di Kabupaten Bima.

Sebagai bentuk perhatian dan keseriusan Pemkab. Loteng ,  bagi peserta yang keluar sebagai juara akan diberikan hadiah berupa Umroh ke tanah suci Mekah.” Tahun lalu kami memberangkatan 21 orang, Tahun ini juga bagi peserta yang keluar sebagai juara akan diberangkatkan Umroh,” ujar Lalu Pathul Bahri.

Dari hasil pencabutan undian, oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Loteng  H. Nasri Anggara, didampingi Wabup Loteng , Asisten I Setda Loteng , terpilih Kecamatan Praya Tengah sebagai Tuan Rumah pelaksanaan MTQ ke XXVIII Tahun 2018 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan  piala bergilir MTQ kepada Juara Umum  MTQ ke XXVII  oleh Wakil Bupati Lombok Tengah yang diterima Camat Praya Barat HL. Zaini.

Acara penutupan MTQ ke XXVII diakhir dengan pembagian hadiah dan Piala kepada para peserta yang keluar sebagai juara oleh Wakil Bupati Loteng .  Di penghujung acara di isi dengan lantunan ayat – ayat suci  Al Qur’an dari Koriq an Koriqah terbaik pada MTQ XXVII Tingkat Kabupaten Loteng Tahun 2017. (slnews.com – rul).

No Responses

Tinggalkan Balasan