SHOPPING CART

close

Tiga Puskesmas di Loteng Akan Jalani Penilaian Akreditasi

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Dari 14 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 12 Kecamatan se – Lombok Tengah (Loteng) tiga Puskesmas yakni Puskesmas Praya, Puskesmas Puyung Kecamatan Jonggat dan Puskesmas Janapria Kecamatan Janapria Loteng tengah menghadapi Akreditasi.

Rencananya penilaian Akreditasi akan dilaksanakan  pada Akhir Bulan Maret 2017 ini.

Kepada SuaraLombokNews.com,  usai menggelar Rapat Koordinasi persiapan Penilaian Akreditasi tiga Puskesmas  di Dinas Kesehatan Loteng, Jum’at, (3/3/2017), Sekretaris Daerah (Sekda) Loteng HM. Nursiah mengatakan, semua institusi kesehatan harus akreditasi. Fungsinya  menjaga mutu, kepuasan pelanggan dan mengadopsi usulan saran masyarakat terkait pelayanan.” Semua institusi Kesehatan harus Akreditasi, untuk tahap awal ada tiga Puskesmas yang akan dinilai pada akhir bulan Maret ini, sisanya 9 Puskesmas menyusul,” katanya.

HM. Nursiah menjelaskan, penilaian akreditasi menyeluruh di semua lini pelayanan. Mulai dari perencanaan program yang melibatkan lintas sektoral dan masyarakat, pelaksanaan program, evaluasi dan tindaklanjutnya harus runtut, saling berkesinambungan dan terdokumentasi.“Kualitas puskesmas tetap terjaga dan meningkat. Akreditasi juga menilai administrasi manajemen, upaya kesehatan masyarakat (luar gedung) dan upaya pelayanan klinis,” jelasnya.

Mantan Asisten III Setda Loteng itu menyebut ada empat tingkatan akreditasi Puskesmas. Diantaranya, strata pratama, madya, mandiri, dan Paripurna. Akreditas yang akan disandang Puskemas  terlihat pada peningkatan pelayanan puskesmas.

Status akreditasi dapat dipengaruhi ketersediaan dan kelengkapan perbekalan kesehatan, sarana, dan prasarana yang mendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas itu sendiri.” Persiapan sudah 85 persen dan tiga Puskemas itu siap untuk dinilai, sisanya dijadwalkan dalam rencana aksi,” ucap HM.  Nursiah.

Sejumlah puskesmas yang ada di Loteng  telah menjalankan upaya pembangunan secara fisik dan pengadaan alat kesehatan guna mendukung proses akreditasi, namun tetap memegang prinsip-prinsip tata kelola yang baik.” Akreditasi ini akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan di puskesmas. Maka mutu pelayanan puskesmas akan semakin jauh lebih baik,” tutur HM.Nursiah

Hasil dari penilaian Akreditasi yang akan dinilai langsung oleh Tim dari Kementerian Kesehatan RI dan Provinsi NTB itu kata HM. Nursiah, nantinya akan dijadikan acuan kebijakan untuk meningkatkan Pelayanan kesehatan kepada Masyarakat. Dan bagi Puskesmas yang mendapatkan nilai baik, akan di berikan Reward atau penghargaan.” Hasilnya akan disampaikan akhir Bulan Maret ini. Teman – teman Puskesmas yang mendapat nilai baik termasuk Pokja yang mendampingi akan kita catat sebagai prestasi dan tentu nanti akan ada penghargaan. Tim Penilai sendiri langsung dari Pusat dan Provinsi,” ujarnya.

Diharapkan ketiga Puskesmas yang akan dinilai itu bisa menuju Akreditasi Paripurna, mengingat persiapan dan dukungan yang diberikan kepada tiga Puskesmas tersebut.” Kami optimis  tiga Puskesmas itu bisa Paripurna, terlebih lagi Pak Sekda terus memberikan Suport,” sambung Plt. Kepala Dinas Kesehatan Loteng Mutawali. (slnews.com – rul)

Tags:

0 thoughts on “Tiga Puskesmas di Loteng Akan Jalani Penilaian Akreditasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Hari Jadi Lombok Tengah 75
LOGO Hari Jadi Lombok Tengah 75

KATEGORI

STATISTIK