SHOPPING CART

close

Catat Rangkaian Festival Pesona Bau Nyale 2020

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | Rangkaian Festival Pesona Bau Nyale 2020 diawali dengan pengumuman 20 Besar Pemilihan Putri Mandalika 2020, di Alun – alun Tastura Praya, Lombok Tengah, Sabtu malam (08/02/2020).
Pemilihan Putri Mandalika sebagai agenda rutin pada Festival Bulan Pesona Bau Nyale Kali diikuti oleh ratusan putri-putri pilihan se-Pulau Lombok.
Yang beda pada tahun ini adalah kegiatan akan digarap lebih serius dan menjaring peserta seluas-luasnya sehingga Putri Mandalika yang terpilih nanti akan menjadi perwakilan Putri Nusa
Tenggara Barat (NTB) untuk kegiatan yang bertaraf internasional.
Final Pemilihan Putri Mandalika yaitu pada tanggal 12 Februari 2020, dan penobatannya di selenggarakan pada puncak acara
Festival Pesona Bau Nyale 2020 pada Jumat malam, (14/02/2020) dikawasan Pantai Tanjung Aan, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.
Dan dari tanggal 8 sampai dengan 15 Februari 2020 dilaksanakan kegiatan Fhoto Contest.
Mandalika Photo Contest merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2020. Photo Contest ini dilaksanakan selama rangkaian kegiatan Bau Nyale berlangsung.
Foto terbaik akan menjadi pemenang dan akan diumumkan pada malam puncak Festival Pesona Bau Nyale 2020.
Kentuan Fhoto Kontest yakni :
1. Peserta di perbolehkan mengambil foto di semua rangkaian kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2020 dari tanggal 8 s/d 15 Februari 2020.
2. Foto yang di ambil merupakan foto Destinasi maupun Atraksi Budaya.
3. Masing – masing fotografer mengumpulkan maksimal 3 foto
4. File yang di kirim file atau foto asli dengan ketentuan standard dengan tidak mengedit foto.
5. Pengumpulan hasil foto di kirim melalui email.
6. Email yang digunakan yaitu : lombafotobaunyale2020@gmail.com
7. Selain memalui email, peserta wajib memposting foto tersebut ke
instagram dengan hastag :
#festivalpesonabaunyale2020
#lombafotobaunyale2019
#roadtomandalikamotogp2021
8. Juara yang di perebutkan adalah Juara 1, 2, 3 dan 1 juara favorit.
9. Keputusan juri mutlak, tidak bisa di ganggu gugat.
Selanjutnya dari tanggal 9 – 13 Februari 2020 dilaksanakan Kegiatan Peresean yang dipusatkan di kawasan Pantai Senek, Kawasan Ekonomi Khsusu (KEK) The Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.
Peresan adalah sebuah upacara tarian kuno yang berupa pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras (perisai disebut ende).
Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok, guna menunjukkan kembali legenda ratu Mandalika yang bunuh diri karena melihat dua tunangannya berkelahi sampai mati untuk
memperebutkannya. Dengan kata lain, kesenian ini dilatar belakangi oleh pelampiasan rasa emosional para raja di masa lampau ketika harus berperang untuk mengalahkan musuh-musuhnya.
Pada Tanggal 11 Februari 2020, dilaksanakan Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Goes To School.
Dan pada Tanggal 12 Februari 2020 dilaksanakan Dialog Creative dan Mandalika Fashion di Kawasan KEK The Mandalika.
Dialog kreatif dan interaktif kali ini bertema “Creative Tourism and Culture Dialogue” mengundang kaum milenial untuk lebih
memahami dan mendalami tentang pariwisata. Berbagai komunitas juga turut serta dalam acara ini. Dimeriahkan juga dengan Pameran Industri Kreatif dan Tenun Fashion. FGD Penyusunan Paket Wisata (Goes to MotoGP 2021)

Pada tanggal 13 Februari 2020 dilaksanakan Mandalika Fashion Carnival yang pelaksanaannya di Kota Praya Lombok Tengah.
Kegiatan ini sebagai upaya memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi para seniman lokal
untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang seni desain dan menghidupkan kembali ekonomi kreatif di Pulau Lombok pada umumnya dan Kabupaten Lombok Tengah pada khususnya. Para desainer dituntut untuk menguatkan koreografi, kekompakan, penampilan serta kostum dan properti. Kegiatan
akan diikuti oleh sekolah-sekolah se Kabupeten Lombok Tengah. Pembinaan sejak dini adalah meletakan budi pekerti serta menumbuh kembangkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus memantapkan kepribadian dalam bidang seni budaya daerah.

Pada Tanggal 14 Februari 2020 dilaksanakan Kampoeng Kuliner yang kegiatannya di Pusatkan di Kawasan Pantai Tanjung Aan.
NTB, khususnya Pulau Lombok kaya akan kulinernya, banyak menu-menu makanan yang menjadi ciri khasnya. Tidak sedikit kulinernya mampu bersaing dan diminati oleh berbagai
wisatawan. oleh karena itu, Kampung Kuliner di hadirkan dalam rangkaian event Festival Pesona Bau Nyale 2020. Kampung Kuliner tersebut berisikan makanan-makanan khas lombok yang bisa dinikmati selama core event Bau Nyale berlangsung.
Dan pada Tanggal 14 – 15 Februari 2020 dilaksanakan malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2020 yang dipusatkan di kawasan Pantai Tanjung Aan, KEK The Mandalika Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.
Pada malam puncak, sejumlah kegiatan adat budaya dan hiburan digelar dan pada Sabtu pagi (15/02/2020) ribuan masyarakat, wisatawan dalam dan luar negeri turun ke pantai untuk Bau Nyale atau menangkap Cacing Laut. [slNEWS – rul]

Tags:

0 thoughts on “Catat Rangkaian Festival Pesona Bau Nyale 2020

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Hari Jadi Lombok Tengah 75
LOGO Hari Jadi Lombok Tengah 75

KATEGORI

STATISTIK