SHOPPING CART

close

Bikin Resah, Kesbangpoldagri Minta Kades Laporkan Oknum LSM Tak Sesuai Tufoksi

SUARALOMBOKNEWS. COM – LOMBOK TENGAH | Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Lombok Tengah, merasa Resah, Terganggu dan tidak nyaman dengan kehadiran oknum yang mengatasnamakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Seperti yang dialami Kades Batu Tulis, Kecamatan Jongat, Muhid. Ia didatangin sejumlah Oknum LSM Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK). Merasa terancam, ditakut – takuti dan diintimidasi oleh Oknum LSM KPK itu, Muhid pun naik pitam dan langsung menendang Oknum LSM KPK  hingga jatuh tersungkur. Langkah tegas yang dilakukan Kades Batu Tulis itu dikarenakan dirinya tidak mau memberikan data tentang pembangunan di Desa Batu Tulis yang diminta Oknum LSM KPK tersebut dan karena onum LSM KPK itu tidak mau menunjukkan Identitasnya , dan mengaku dari KPK yang sah.

Beda halnya dengan yang dialami Kades Burbaya, Kecamatan Pringgarata, . Muhamad Tauhid, S. Ag. Kedatangan oknum LSM KPK ke Desa Murbaya, bukannya memberikan pemahaman kepada masyarakat, melainkan semakin memperkeruh suasa di tengah – tengah masyarakat Desa Murbaya. Masyarakat beranggapan oknum LSM KPK yang datang ke Desa itu adalah KPK yang sah.” Mereka datang ngaku dari KPK pusat, padahal dari LSM KPK. Tujuannya mau minta data  dan laporan hasil pembangunan, tetapi saya tidak kasih. Yang jadi persoalan masyarakat beranggapan yang datang itu KPK sah, padahal mereka LSM. Untuk itu  kami berharap kepada teman  – teman LSM jangan bawa – bawa nama Lembaga Negara yang sah, bekerja sesuai dengan Tufoksi LSM, mencerdaskan masyarakat, bukan sebaliknya membodhi masyarakat, yang akibatnya membuat masyarakat tidak percaya lagi terhadap pemerintah, Desa maupun Kabupaten,” ujar Tauhid.

Berbeda dengan yang dialami Kades Pelambek, Kecamatan Praya Barat Daya, Juanis Supriadi, ia di datangi oknum LSM yang mengaku dari KPK. Ujung – ujungnya diakhir pembicaraan terkait dengan progres pembangunan di Desa oknum LSM itu meminta uang.” Mereka (oknum LSM) mempertayakan pembangunan di Desa. Setelah saya jelaskan, mereka mau minta RAPBdes dan lain – lainnya, tetapi tidak saya kasih, ujung – ujungnya mereka minta uang, dari Rp. 500 ribu, turun ke Rp. 300 ribu, lalu turun menjadi Rp. 100 ribu. Saya jawab tidak ada uang, dan waktu itu saya hannya punya uang Rp. 20 ribu, itulah yang saya kasih ke mereka,” ceritanya.

Mananggapi persoalan keberadaan oknum LSM itu, Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Lombok Tengah, meminta kepada para Kades yang merasa di rugikan terhadap keberadaan oknum LSM yang bekerja tidak sesuai dengan Tufoksinya itu untuk dilaporkan, baik itu kepada pihak Kepolisian maupun ke Bakesbangpoldagri. “ Kalau ada ditemukan oknum LSM seperti itu silakan langsung dilaporkan, jangan takut –takut,” pinta Sekretaris Bakesbangpoldagri Lombok Tengah Lalu Wirekampe, Selasa (10/4/2018).

Menurut Lalu Wirekampe, lembaga yang berhak  melakukan Audit, pengawasan  dan penindakan terhadap para pejabat atau penyelenggara pemerintah yang melakukan tindak pidana korupsi yakni Inspektorat, BPK, Polisi, Jaksa dan KPK.” Jadi LSM itu tidak boleh melakukan Audit. Kalau mau mengawasi pembangunan di desa silakan saja, tetapi jangan justru masuk ke teknis pekerjaan itu tidak boleh, apalagi sampai  meresahkan masyarakat, karena Tufoksi LSM itu sudah sangat jelas,” ucapnya.

Bakesbangpoldagri Lombok Tengah, terus mengawasi gerak – gerik LSM yang ada di Lombok Tengah, untuk mengetahui  apakah aktivitasnya sudah sesuai dengan Tufoksinya atau tidak.

Lalu Wirekampe mengaku, pihaknya belum bisa memberikan tindakan tegas kepada oknum LSM yang menyalahi Tufoksi, dikarenakan belum adanya laporan yang masuk ke Bakesbangpoldagri.” Kita awasi terus gerak – geriknya. Kami belum bisa mengambil langkah tegas  karena belum ada laporan yang masuk. Untuk itu silakan laporan, dan sebelum mereka (oknum LSM) bertanya, tanyakan Identitasnya, dari LSM atau Ormas mana, biar jelas,” ujarnya. (slNews – rul).

Tags:

0 thoughts on “Bikin Resah, Kesbangpoldagri Minta Kades Laporkan Oknum LSM Tak Sesuai Tufoksi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Hari Jadi Lombok Tengah 75
LOGO Hari Jadi Lombok Tengah 75

KATEGORI

STATISTIK