SHOPPING CART

close

Ngeri..! Ada Dusun Siluman di Desa Dasan Baru

SUARALOMBOKNEWS.COM – LOMBOK TENGAH | 1 dari 17 Dusun di  Desa Dasan  Baru, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, namanya terdengar menyeramkan, yakni Dusun Siluman.

Pada tahun 1963, Dusun Siluman yang menjadi cikal bakal Desa Dasan Baru terkenal Angker. Namun seiring dengan perkembangan Zaman, kini Dusun Siluman sama seperti Dusun – dusun lainnya yang ada di Desa Dasan Baru, bahkan kini Dusun Siluman terkenal dengan situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif.

Kepala Dusun (Kadus) Siluman H. Rusdi Jayadi menceritakan, Dusun Siluman ada jauh sebelum, Desa Dasan Baru yang merupakan pemekaran dari Desa Kopang.

Di Dusun Siluman, terdapat bongkahan Batu Besar yang ada pertigaan jalan  dekat Masjid Dusun Siluman.

Dulu,  jika ada warga yang melintas pada malam hari di depan Batu itu, terkadang melihat penampakan mahluk halus dan bau menyengat, seperti bau bangkai manusia.

Sampai dengan saat ini, Batu itu masih dianggap keramat, bahkan jika ada warga yang dengan sengaja memecah Batu itu, langsung jatuh Sakit, dan baru bisa disembuhkan setelah mengembalikan pecahan batu tersebut ke kekeadaan semula.” Dulu kalau lewat malam – malam di depan Batu itu, ada penampakan mahluk halus dan ada bau seperti bangkai manusia. Dulu  ada tukang pecah batu, mengambil batu pecahan batu itu untuk pondasi masjid, tetapi dia (tukang pecah batu) tiba – tiba sakit, dan setelah mengembalikan pecahan batu itu,  dia langsung sehat. Pecahan batu itu juga harus dikembalikan dengan cara dibungkus kain putih lalu ditimbun lagi di dekat batu itu. Tapi itu dulu, kalau sekarang sudah tidak angker lagi,” ucap H. Rusdi, Senin (2/4/2018).

Keajaiban lain dari Batu itu kata H. Rusdi, jika ada warga yang menemukan Ayam Jantan Burik diatas Batu itu, maka warga itu menjadi orang yang sangat beruntung. Pasalnya, jika  Ayam Jantan itu diadu, tidak ada satu pun  Ayam Jantan yang mampu mengalahkannya.”  Makanya Dusun Siluman terkenal dengan Ayam Jantan Burik Siluman,” katanya.

Lebih lanjut H. Rusdi menceritakan, Dusun Siluman juga memiliki kaitan erat dengan Gunung Sepan di  Dusun Siluman.

Di Gunung Sepan itu ungkap H. Rusdi, banyak ditemukan penampakan Ular  yang mirip seperti Ular  Kobra. Kawasan Gunung itupun jarang dikunjungi warga, terlebih lagi dulu ada salah seorang warga setempat yang meninggal dunia setelah digigit ular yang ada di Gunung Sepan.

Didalam kawasan Gunung Sepan itu juga terdapat sebuah Makam Jeliti, makan itu merupakan kuburan salah seorang anak yatim dari Dusun Siluman.” Batu itu ada kaitannya dengan Gunung Sepan, jarang ada warga yang naik keatas Gunung itu, karena ada Ular mirip Ular Kobra, dan di Gunung itu juga ada Makam Anak Yatim,” ujar H. Rusdi. (slNews – rul).

Tags:

0 thoughts on “Ngeri..! Ada Dusun Siluman di Desa Dasan Baru

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Hari Jadi Lombok Tengah 75
LOGO Hari Jadi Lombok Tengah 75

KATEGORI

STATISTIK