Pemdes Sengkerang Bentuk PAM-Des

Pemdes Sengkerang  Bentuk PAM-Des

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur,  dalam mensejahterakan rakyat dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa  (PADes), salah satunya dengan memaksimalkan peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Tahun depan, Pemdes Sengkerang menargetkan membentuk Perusahaan Air Minum Desa (Pam – des). Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan air warga seperti untuk keperluan mencuci, mandi dan lainnya. Dengan adanya Pamdes, warga tidak lagi tergantung pada suplai air PDAM.   Setiap bulannya, warga hanya akan membayar Rp 25 ribu yang disetor dan dikelola langsung oleh Bumdes.  Jika dikalkulasikan dengan jumlah kepala keluarga (KK) di Desa Sengkerang yang mencapai 2000 lebih, Pamdes tersebut diyakini mampu menyumbangkan PADes hingga Rp 50 juta per bulan.
Kepada SuaraLombokNews.com, Senin (9/10/2017), Kepala Desa (Kades) Sengkerang, Ibnuzir, S.Sos mengatakan, pembentukan Pamdes tersebut sangat memungkinkan. Sebab Desa Sengkerang memiliki satu sumber mata air yang cukup besar yakni di Dusun Sengkerang III. Kemampuan debit air di tempat itu kata Ibnuzir, diyakini mampu memenuhi kebutuhan warga. “Kualitas maupun debit airnya sudah diuji dan sangat layak,” kata Ibnuzir .

Adapun modal awal pembentukan Pamdes, lanjut Ibnuzir, diperkirakan mencapai ratusan juta. “Modal awal akan kita anggarkan melalui ADD. Jadi kami harap ini bisa didukung penuh oleh warga maupun pemerintah daerah,” harapnya. (slNews.com – wis)

No Responses

Tinggalkan Balasan