Aik Mual Jadi Desa Broad Band

Aik Mual Jadi Desa Broad Band

(Kepala Desa Aik Mual, Asrorul  Hadi)

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Desa Aik Mual, Kecamatan Praya, terpilih sebagai pilot projek Desa Broad Band.

Kepala Desa Aik Mual, Asrorul  Hadi menjelaskan, desa broad band  merupakan salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan untuk mempermudah pemerintah pusat dalam memantau desa-desa di Indonesia.

Tanpa harus turun ke desa, pemerintah pusat bisa mengetahui kondisi suatu wilayah melalui pantauan satelit. Mulai dari jumlah penduduk, kondisi geografis sampai dengan potensi desa, bisa dipantau secara detail. Penghargaan serupa juga diberikan kepada 222 desa se – Indonesia.

Desa yang terpilih akan mendapat fasilitas, mulai dari computer, server,penyediaan jaringan internet dan fasilitas lain yang diharapkan mempermudah akses pelayanan di desa.

Melalui program tersebut, pengurusan administrasi di desa nantinya bisa dilakukan secara online. Pengurusan dokumen kependudukan misalnya, bisa dilakukan melalui HP android tanpa harus datang ke kantor desa.

Sebagai langkah persiapan, saat ini pihak Kominfo masih melakukan pemetaan wilayah menggunakan drone.  Sesuai jadwal yang ada, segala persiapan diperkirakan rampung bulan Desember.

Pemdes Aik Mual  juga telah  mengirim dua orang staf Desa sebagai operator  yang biayanya ditanggung pihak Kementerian untuk mendapatkan pelatihan dari salah satu perguruan tinggi ternama di Jakarta.

Adapun penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden  RI pada tanggal 28 Oktober mendatang. “Kami diundang ke Instana Presiden,” tutur Asrorul Hadi, Selasa (10/10/2017).

Desa Aik Mual terpilih sebagai desa brod band karena dianggap paling aktif mengakses data desa melalui internet.  Dengan sumberdaya manusia di Desa Aik Mual, pihaknya optimis hal itu akan dapat diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Terlebih saat ini warga sudah melek tekhnologi. Sehingga untuk menjalankan program tersebut, tidak terlalu sulit.” Harapan kami, program ini  manfaatnya bisa di rasakan langsung oleh masyarakat,” ujar Asrorul Hadi. (slNews.com – wis).

No Responses

Tinggalkan Balasan