SHOPPING CART

close

Disdukcapil Tegaskan e-KTP Berlaku Seumur Hidup

Lombok Tengah, suaralombokNEWS.com | Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Tengah (Loteng), Provinsi Nusa Tengara Barat (NTB), menegaskan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) berlaku seumur hidup.

Penegasan tentang e-KTP berlaku seumur hidup itu, sesuai dengan  Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Nomor 470/327/sj,  Tanggal 17 Januari 2014,  tentang  perubahan kebijakan dalam menyelenggarakan administrasi kependudukan serta memperhatikan amanat UU  Nomor 23 Tahun 2016 tentang administrasi kependudukan yang ditunjukkan kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota, serta para Menteri dan para Kepala Lembaga Negara.

SE memuat penegasan, e-KTP berlaku seumur hidup. Karena itu meski terdapat sejumlah e-KTP yang masih mencantumkan masa berlaku lima tahun, masyarakat tidak perlu melakukan perpanjangan.” Dengan adanya SE itu, e-KTP berlaku seumur hidup, tidak perlu diperpanjang lagi, meskipun ada e-KTP yang masih mencantumkan masa berlaku,” tegas, Kepala Disdukcapil Loteng H. Darwis melalui Kabid Kependudukan  Drs. Zaenudin, Kamis, (13/7/2017).

Dalam SE tersebut, Mendagri memerintahkan kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk memperhatikan UU Nomor 24 Tahun 2013, bahwa e-KTP  yang sudah diterbitkan sebelum UU Nomor 24 Tahun 2013 ditetapkan sumur . Dengan  demikian e-KTP yang diterbitkan sejak Tahun 2011 berlaku sumur hidup, dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.

Menurut Zaenudin, langkah Kemendagri RI menerbitkan SE sangat diperlukan, karena masih sangat banyak masyarakat yang belum mengetahui akan hal tersebut, termasuk pihak lembaga Pemerintah, dan BUMN.”Banyak masyarakat yang belum tahu, banyak sekali pertanyaan  tentang perpanjangan tersebut. Baik itu dari penyedia layanan seperti pihak bank dan notaries,  belum tahu bahwa e-KTP yang ada masa berlakunya, tidak perlu diperpanjang,” ucapnya.

Zaenudin  berharap,  dengan adanya surat edaran, nantinya semua pihak dapat memahaminya. Bahwa sesuai Pasal 101 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, tentang Administrasi Kependudukan disebutkan, penggantian e-KTP dapat dilakukan kalau ada perubahan status, pindah alamat dan lain-lain.” Bisa diganti kalau fisik e-KTP rusak, dan kalau ada perubahan elemen data, seperti perubahan status, alamat. Kalau hilang harus diserta dengan surat keterangan kehilangan dari Kepolisian,” ujarnya. (slNEWS.com – rul)

Tags:

0 thoughts on “Disdukcapil Tegaskan e-KTP Berlaku Seumur Hidup

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Hari Jadi Lombok Tengah 75
LOGO Hari Jadi Lombok Tengah 75

KATEGORI

STATISTIK