SHOPPING CART

close

Lebaran Topat 2017 di Taman Wisata Aik Bukak Berlangsung Meriah

Bupati Loteng HM. Suhaili FT, SH (kanan), bersama Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri (dua dari kanan) bersama jajaran Forkompinda Loteng, Kepala SKPM Loteng, dan ribuan masyarakat pada acara Perayaan Lebaran Ketupat di Taman Wisata Aik Bukak, Minggu, (2/7/2017).

Lombok Tengah, suaralombokNEWS.com | Perayaan Lebaran Ketupat 1438H/2017 M, yang digelar Pemkab. Lombok Tengah (Loteng) di Kawasan Taman Wisata Aik Bukak, Desa Aik Bukak, Kecamatan Batukliang Utara, Loteng  berlangsung hidmat dan meriah, Minggu, (2/7/2017).

Acara Perayaan Lebaran Ketupat yang dirangkaikan dengan kegiatan Halal Bi Halal dan Silaturahim jajaran Satuan Kerja Pelayan Masyarakat (SKPM) Lingkup Pemkab. Loteng, dihadiri Bupati Loteng HM. Suhaili FT, SH, Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, Ketua DPRD Loteng H. Ahmad Puadi, Dandim 1620/Loteng Letkol. Inf. Is Abul Rasi, SE, Sekda Loteng HM. Nursiah, Kamenang Loteng HM. Nasri Anggara, Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab. Loteng dan ribuan masyarakat serta wisatawan dari dalam maupun luar Loteng.

Tidak itu saja,  Perayaan Lebaran Ketupat itu juga dihadiri ratusan anak yatim dari 12 Kecamatan se – Loteng.

Dalam sambutannya, Bupati Loteng HM. Suhaili FT, SH mengatakan, kegiatan Perayaan Lebaran Ketupat merupakan acara Tradisi dan Budaya Masyarakat Bumi Tatas Tuhu Trasna yang dilaksanakan rutin setiap Tahunnya.”Kegiatan  ini (Lebaran Topat) merupakan acara rutin, dan merupakan Tradisi, Budaya masyarakat Loteng. Kegatan ini dirangkaikan dengan Silaturahim dan Halal Bi Halal dengan seluruh jajaran SKPM Loteng. Kekompakan  merupakan modal dasar kita memberikan penghidmatan kepada Masyarakat Loteng,” katanya.

Bupati Loteng dua periode itu menjelaskan panjang lebar terkait dengan maksud dan tujuan dilaksanakan Perayaan Lebaran Ketupat setiap tahunnya dengan lokasi yang berbeda dan berpindah – pindah.” Kalau ada yang bertanya, kenapa acaranya berpindah – pindah, kenapa tidak di masjid, atau dilapangan, kenapa dilaksanakan di pinggir Pantai, di Bendungan dan di tengah hutan. Jawabannya untuk mempertahankan tradisi, karena tradisi merupakan bagian dari Budaya, menjadi wahana menumbuh kembangkan dan mengembangkan Budaya, menjadi salah satu potensi untuk menarik minat masyarakat luar dan wisatawan datang ke Loteng, sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan potensi Loteng kepada masyarakat  dalam dan luar negeri. Jadi jangan menganggap kegiatan ini tidak memiliki makna dan manfaat, saya ingin mengetuk dan merubah cara pikir untuk kemajuan Loteng, jadi kegiatan ini bukan semata – mata untuk hura – hura,” ungkapnya.

Kegiatan Perayaan Lebaran Ketupat di Taman Wisata Aik Bukak diisi dengan sejumlah acara yang bernuasa agama islam, diantaranya Pembacaan Sholawat, lantunan kesenian musik Kasidah , dan Pengajian Umum dari para Tuan Guru.

Acara perayaan Lebaran Ketupat di akhirnya dengan makan Ketupat berjamaah jajaran SKPM Lingkup Pemkab. Loteng bersama anak Yatim dan masyarakat di kawasan  Taman Wisata Aik Bukak.

Pada perayaan Lebaran Ketupat 1438 H, di Taman Wisata Aik Bukak dipadati ribuan pengunjung dari dalam maupun luar Loteng, bahkan sejumlah wisatawan asing juga  datang berlibur dan berwisata ke Kawasan Taman Wisata Aik Bukak. (slNEWS.com – rul)

Tags:

0 thoughts on “Lebaran Topat 2017 di Taman Wisata Aik Bukak Berlangsung Meriah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

KATEGORI

Juli 2017
M S S R K J S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

STATISTIK