Tak Puas Hasil Pilkadus, Pemuda Kateng Demo Kades

Tak Puas Hasil Pilkadus, Pemuda Kateng Demo Kades

Inilah aksi demo sejumlah Pemuda di depan Kantor Desa Kateng Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, yang tidak puas dengan hasil Pilkadus, Senin, (10/4/2017)”

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Desa menggelar aksi demo di depan  Kantor Desa Kateng  Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah (Loteng), Senin, (10/4/2017).

Kedatangan mereka untuk mempertanyakan sikap Kepala Desa (Kades) Kateng Lalu Syafrudin terkait dengan hasil Pemilihan Kepala Dusun (PilKadus) dan terkait dengan pelaksanaan program pembangunan di Desa Kateng yang sumber anggarannya dari ADD maupun DD Tahun 2016, yang diduga tidak transparan.

Kesal karena Kades tidak berada ditempat, sejumlah Pemuda Desa Kateng itu berjanji, akan kembali ke kantor Desa Kanteng dengan jumlah massa yang lebih besar dan mengancam akan membawa persoalan yang ada di Pemerintah Desa (Pemdes) Kateng keranah hukum.” Sebelum datang kami sudah bersurat ke Kades dan ke Polsek, tepi Kades justru tidak mau datang,” kesal Korlap Aliansi Pemuda Peduli Desa Imran.

Dihalaman Kantor Desa Kateng, mereka melampiaskan kekesalannya dengan melontarkan kata – kata terkait dengan buruknya kinerja Pemdes Kateng dibawah Lalu Syafrudin.

Munurut mereka, semestinya, Kades Kateng datang menemui Pemuda, terlebih lagi telah diberitahukan melalui surat pemberitahuan yang juga di sampaikan langsung ke Polsek Praya Barat.” Kami kecewa, padahal kami sudah bersurat. Besok kami akan datang dengan jumlah massa yang lebih besar,” ancam Imran.

Imran mengungkapkan, pelaksanaan program pembangunan yang bersumber dari ADD maupun DD tidak transparan dan terkesan tertutup. Begitupula dengan proses Pilkadus yang nilai tidak dilaksanakan secara terbuka dan transparan.” Yang kami inginkan hannya keterbukaan informasi. Selama ini kegiatan di Desa tidak pernah di buka dan tidak transparan, termasuk proses Pilkadus,” ujarnya.

Karena Kades Kateng tidak kunjung datang ke Kantor Desa, sejumlah Pemuda itu pun membubarkan diri setelah diberikan arahan dan pemahaman oleh Anggota Bhabinkamtibmas Desa Kateng.

Hannya berselang beberapa menit, setelah sejumlah Pemuda itu membubarkan diri, Kades Kateng Lalu Syafrudin datang ke Kantor Desa.

Menurut Lalu Syafrudin, dirinya terlambat datang  menemui Pemuda yang ingin bertemu dengan dirinya itu karena sedang menerima tamu dari tokoh masyarakat Desa Kateng termasuk mantan Kades Kateng di rumahnya.” Bukannya saya tidak mau menermui mereka, Saya datang mereka bubar, dan saya terlambat datang karena ada tamu dari  tokoh masyarakat dan mantan Kades,” ucapnya.

Lalu Syafrudin mengungkapkan,  aksi demo dari Pemuda itu merupakan gerakan dari Calon Kadus yang tidak terpilih pada proses Pilkadus yang dilaksanakan oleh Panitia Seleksi (Pansel) beberapa waktu lalu.”  Yang punya gerakan ini Calon Kadus yang tidak terpilih,” ungkapnya.

Lalu Syafrudin menjelaskan, proses penjaringan dan pengangkatan Kadus dilaksanakan sesuai dengan UU yang berlaku. Yakni melalui Pansel. Dari 19 Kadus, 14 Kadus diantaranya sudah dilantik dan satu Kadus pelanatikannya masih dipending, karena minimnya pendaftar.” Prosesnya melalu Pansel dan dilaksanakan sesuai dengan UU. apapun yang diputuskan itu menjadi semua Resiko, karena pasti ada yang merasa puas dan tidak puas,” ungkapnya.

Untuk laporan hasil LKPJ Tahun 2016, telah selesai dan diterima oleh BPD Kateng dan tinggal menunggu waktu untuk disampaikan secara terbuka kepada seluruh masyarakat Desa Kateng.” Hasil  LKPJ Tahun 2016 sudah ada, tinggal disampaikan dan menunggu waktu yang tepat,” ujar Ketua BPD Kateng Lalu Azhari. (slnews.com – rul)

No Responses

Tinggalkan Balasan