Minggu Ketiga Bulan April DD Tahap Pertama 2017 Cair

Minggu Ketiga Bulan April DD Tahap Pertama 2017 Cair

(Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lombok Tengah Jalaludin )

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2017 sebesar 60 persen, dijadwalkan dari pemerintah pusat pada minggu ketiga bulan April 2017 ini.” Informasi dari Pusat, paling lambat minggu ketiga bulan April ini DD tahap pertama sebesar 60 persen sudah bisa dicairkan,” kata Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Tengah (Loteng) Jalaludin, Rabu, (5/4/2017).

Lambatnya pencairan DD pada Tahun Anggaran 2017 ini dikarenakan perubahan aturan proses pencairan DD dari Tahun sebelumnya.

Pada Tahun 2016 lalu proses pencairan DD, dari Pembendaharaan Negara langsung ditransfer ke Rekening Kas Desa, sedangkan di Tahun 2017 ini, dari Pembendaharaan Negara ditransfer ke KPPN, setelah di KPPN baru ditransfer ke Kas Desa.” Terlambat cair karena ada perubahan transfer,” jelas Jalaludin.

Jalaludin mengungkapkan, jumlah DD yang diterima 127 Desa se – Loteng Tahun ini mengalami peningkatan.

Rata – rata Desa menerima DD sebesar Rp. 900 juta lebih atau mendekati angka Rp. 1 Miliar.” Sebelumnya DD yang diterima berkisar Rp. 800 juta, sekarang mendekati angka Rp. Miliar,” ungkapnya.

Dari 127 Desa se – Loteng, lebih dari 10 Desa yang tersebar di 12 Kecamatan se – Loteng menerima DD diatas Rp. 1,1 Miliar.

Di Kecamatan Jonggat Desa yang menerima DD diatas angka Rp. 1,1 Miliar yakni Desa Labulia, Puyung dan Desa Sukarara, di Kecamatan Praya Barat  Desa Mangkung, Kateng, Penujak dan Desa Batu Jai, di  Kecamatan Kopang sendiri hannya satu Desa saja yang menerima DD di atas angka Rp. 1,1, Miliar yakni Desa Kopang Rembiga, sedangkan di Kecamatan Batu Kliang Utara yakni Desa Lantan, Seteling dan Desa Karang Sidemen, Kecamatan Janapria Desa Lekor dan Desa Saba dan Kecamatan Praya Timur Desa Ganti.” Sekitar 10 Desa yang menerima DD diatas Rp. 1,1 Miliar, sedangkan sisanya mendekati  angka Rp. 1 miliar,” kata Jalaludin.

Menurut Jalaludin, Desa yang menerima DD diatas Angka Rp. 1,1 Miliar itu dilihat atau dinilai dari 4 sisi, yakni dari sisi luas wilayah, jumlah Kepala Keluarga (KK) Miski, Jumlah Penduduk dan dari Faktor Kesulitan Geografis.”  Ada 4 penilaian kenapa Desa itu mendapatkan DD lebih, yakni dilihat dari faktor luas wilayah, jumlah Kepala Keluarga (KK) Miski, Jumlah Penduduk dan dari Faktor Kesulitan Geografis,” ucapnya.

Jumlah DD yang akan dicairkan pada Minggu Ketiga Bulan April ini sebesar 60 persen yang akan di pergunakan untuk angaran dari bulan Januari hingga Bulan Juli, sedangkan sisanya sebesar 40 persen akan dicairkan pada Bulan Agustus mendatang.” Tahap pertama sebesar 60 persen, untuk bulan Januari – Juli, tahap kedua sebesar  40 persen untuk bulan Agustus – Desember,” ujar Jalaludin. (slnews.com – rul).

No Responses

Tinggalkan Balasan