Sirkuit Moto GP Dibangun di Kuta Lombok

Sirkuit Moto GP Dibangun di Kuta Lombok

Inilah Desain Sirkuit Moto GP yang akan di Bangun PT. ITDC di KEK Mandalika Kuta Lombok “

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Impian masyarakat Lombok Tengah khususnya dan masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) pada umumnya akhirnya menjadi sebuah kenyataan.

Selama ini kejuaraan Moto GP hannya bisa disaksikan melalui layar kaca (Televisi) namun di Tahun 2019 mendatang, Kejuaraan Dunia Balap Motor ‘Grand Prix Mandalika bisa disaksikan secara langsung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah.

Pasalnya saat ini PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sedang menyiapkan atraksi pertama the Mandalika.  Bekerjasama dengan Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting, dua perusahaan perancang, pengembang, dan operator sirkuit balap motor.” Kami sedang merencanakan pembangunan Street-Race Circuit atau Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika.  Sirkuit ini akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep dan dicanangkan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Balap Motor ‘Grand Prix Mandalika’ pada 2019,” kata Direktur Utama PT. ITDC Abdulbar M Mansoer pada acara   Peresmian Ikon Kuta Mandalika Lombok, di Pantai Senek Kuta Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah, Jum’at, (27/1/2017).

Rencana pembangunan tersebut diawali dengan penandatanganan  Nota Kesepahaman (MoU) antara ITDC dengan Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting, dua perusahaan perancang, pengembang, dan operator sirkuit balap motor global.

Sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep, sirkuit di Mandalika akan dibangun dengan standar FIM and FIA untuk kelayakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor, dan akan menawarkan sejumlah keunggulan yang membuat sirkuit dicanangkan untuk menjadi tuan rumah Grand Prix Mandalika. “Merupakan suatu kebanggan bagi ITDC untuk dapat mempersembahkan sebuah infrastruktur kelas dunia yang dapat membawa event-event top dunia ke Lombok dan ke Indonesia.  Sirkuit jalan raya Mandalika akan menjadi satu-satunya sirkuit jalanan di dunia yang menawarkan panorama indah sebuah lagun, sebuah solar cell farm, sebuah lapangan golf, area komersil dan perkotaan, serta Samudera Hindia.  Struktur alam sekitar sirkuit juga secara alami akan menyediakan puncak-puncak bukit dimana pengunjung dapat memandang sirkuit secara terbuka sambil menikmati keindahan tepi laut dan area terbuka hijau.”Pembangunan sirkuit jalan raya di Mandalika akan meningkatkan nilai jual dan nilai tambah pariwisata di NTB, sehingga wisatawan semakin banyak pilihan dalam berwisata di NTB khususnya Mandalika,” harap  Abdulbar M. Mansoer.

Pembangunan Sirkuit Moto GP di KEK Mandalika itu, diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke KEK Mandalika. Dan pembangunan Sirkuit Moto GP itu akan dilaksaakan secara bersama – sama dengan pembangunan Inprastruktur lainnya yang ada di KEK Mandalika.” pembangunan sirkuit  berjalan simultan dengan pembangunan Iprastruktur yang ada di KEK mandalika, dan direncaakan tahun 2019 sudah selesai. Sirkuit ini akan memberikan  dukungan dan suport di KEK Mandalika, untuk menarik wisatawan seluruh dunia  datang ke Lombok,” sambung Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin.

Untuk itu seluruh elemen dan lapisan masyarakat diharapkan saling bergandengan tangan dan bersatu padu mendukung seluruh pembangunan yang ada di KEK Mandalika.” Semua elemen,  semua unsur mari kita bergandengan,  bersatu padu berihtiar bersama untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat, untuk terwujudnya KEK Mandalika,” ujar Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili FT, SH. (slnews – rul)

No Responses

Tinggalkan Balasan