BPBD Loteng Dirikan Pos Pelayanan Damkar di Tiga Kecamatan

BPBD Loteng Dirikan Pos Pelayanan Damkar di Tiga Kecamatan

Plt. Kepala BPBD Loteng Sahabudin, SH”

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Untuk meminimalisir kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Lombok Tengah (Loteng)  di tahun 2017 ini akan mendirikan 3 Pos pelayanan Pemadam Kebakaran (Damkar)  di tiga  Kecamatan yang masuk dalam wilayah manajemen kebakaran, yakni di Kecamatan Pujut, Kecamatan Kopang dan di Kecamatan Praya.” Tahun 2017 ini Kita targetkan minimal ada tiga Pos Damkar, pertama di Wilayah Kecamatan Pujut, Kecamatan Kopang dan di wilayah Kecamatan Praya,” terang Plt. Kepala BPBD Loteng  Sahabudin, SH, Senin, (23/1/2017).

Selain untuk mengantisipasi Musibah Kebakaran, pendirian Pos Damkar di tiga wilayah Kecamatan tersebut juga sebagai salah satu bentuk langkah cepat untuk mengatasi Musibah Kebakaran yang di alami Masyarakat Bumi Tatas Tuhu Trasna.

Dengan di dirikan tiga Pos Damkar tersebut, pelayanan Kebakaran bisa cepat ditangani sehingga kerugian yang di akibatkan Kebakaran tersebut bisa ditekan.” Selain untuk mengantisipasi kebakaran, hal ini juga bertujuan agar jika musibah terjadi, juga bisa di ambil langkah cepat untuk me­nga­tasinya,” kata Sahabudin.

Dimasing – masing Pos Damkar ungkap Sahabudin, akan di siagakan  satu unit Mobil Damkar dan lima orang Petugas Damkar.

Untuk Pos Damkar yang ada di wilayah Kecamatan Pujut  lanjut Sahabudin, akan melayani  wilayah Kecamatan yang meliputi  Kecamatan Praya Barat,  Kecamatan Praya Barat Daya dan Kecamatan Pujut, dan untuk Pos Damkar Kopang akan melayani tiga wilayah Kecamatan yakni Kopang, Janapria , Batukliang dan Kecamatan Batukliang Utara, sedangkan Pos Damkar Kecamatan Praya akan melayani kebakaran di Kecamatan Praya, Praya Timur, Praya Tengah , Jonggat dan Pringgarata.” Pembangunan Pos Damkar itu merupangan pengembangan wilayah Manajemen Kebakaran. Petugas Damkar yang di tempatkan di masing – masing Pos itu nantinya akan mejalankan tugas secara bergiliran dan di roling. Untuk Mobil Damkar akan ditempatkan satu unit Mobil Damkar di masing – masing Pos Damkar,” ungkap Sahabudin.

Tidak itu saja, di masing – masing Pos Damkar yang ada di tiga wilayah Kecamatan tersebut juga akan dilengkapi dengan sambungan Telephone Damkar.

Saat ini pembangunan Pos Damkar di tiga wilayah Kecamatan tersebut masih dalam proses, sedangkan anggaran untuk pembangunan tiga Pos Damkar itu telah dialokasikan melalui APBD Loteng Tahun 2017.” Pos Damkar itu akan dilengkapi dengan sambungan Telephone. Pembangunannya akan dilaksanakan tahun ini. Sedangkan untuk lahan lokasi Pembangunan Pos Damkar itu disiapkan masing – masing Camat,” tutur Sahabudin.

Sahabudin berharap, ada penambahan jumlah Mobil Damkar. Pasalnya dari 7 Unit Mobil Damkar BPBD Loteng, dua unit diantaranya sudah tidak bisa dioperasikan lagi karena mengalami rusak berat.” Ada 7 unit Mobil Damkar, dua unit rusak berat, kami berharap setiap tahun ada penambahan Mobil Damkar, sehingga pelayanan Kebakaran bisa lebih maksimal lagi,” harapnya. (slnews – rul)

No Responses

Tinggalkan Balasan