Cuaca Ekstrim, Masyarakat Dihimbau Waspada Pohon Tumbang

Cuaca Ekstrim, Masyarakat Dihimbau Waspada Pohon Tumbang

Lombok Tengah, SuaraLombokNews, – Pohon  tumbang kerap terjadi saat Cuaca ekstrim, seperti yang terjadi di Ruas Jalan Diponogoro dan Basuki Rahmat Praya Lombok Tengah, Minggu,(23/10/2016).

Sejumlah pohon di ruas jalan tersebut tumbang setelah diguyur hujan lebat disertai dengan tiupan angin kencang.

Berbagai upaya antisipatif dilakukan Dinas PU dan ESDM Lombok Tengah untuk menanggulangi peristiwa pohon tumbang yang kerap terjadi saat cuaca ekstrim seperti yang terjadi akhir – akhir ini.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU dan ESDM Lombok Tengah Lalu Firman Wijaya, mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi kejadian pohon tumbang dengan upaya rabas-rabas dan pemangkasan ranting dan dahan pohon yang berpotensi dapat tumbang saat diterpa hujan deras serta angin kencang.

Lalu Firman menuturkan, pihaknya telah mensiap-siagakan personel khusus untuk menangani kasus pohon tumbang selama musim penghujan. Pihaknya terus mewaspadai potensi terjadinya pohon tumbang selama selama musim ekstrim.”

hujan deras, dan angin ribut memungkinkan terjadinya pohon tumbang. Namun sudah kami tangani dengan baik, baik upaya antisipasi sampai penanganan saat pohon tumbang, seperti melakukan perambasan dan penebangan pohon yang berpotensi tumpang, cara berkala,” tutur Lalu Firman, Senin, (24/10/2016).

Untuk itu kata Lalu Firman, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang memiliki pohon perindang di persil pribadi, sudah dapat mengurangi ranting dan dahan di musim penghujan ini, untuk mencegah tumbangnya pohon.”Himbauan masyarakat yang mempunyai pohon tinggi, sudah mulai mengurangi. Jika ada yang melihat pohon di tepi jalan umum yang sepertinya mau tumbang, bisa dilaporkan ke kami,” ujarnya.

Akibat pohon tumbang di ruas jalan Diponogoro dan Jalan Basuki Rahmat tersebut, kabel listrik milik PT. PLN Persero putus dan berdampak pada pemadaman aliran listrik ke pelanggan PT.PLN yang ada di sekitar Pohon Tumbang tersebut.” Ada kabel listrik yang putus, dan langsung kita sambung, dan sampai saat ini belum ada laporan tiang listrik yang tumbang,” sambung Manager PT. PLN Rayon Praya Lombok Tegah Denny.

Untuk menangani dan antisifasi kabel listrik yang putus tertimpa Pohon Tumbang, PT.PLN Rayon Praya Lombok Tengah menyiagakan Tim Khusus, yakni Pemeliharaan Jaringan dan Pemeliharaan Gardu.” Ada tim Khusus yang disiagakan, yakni Tim Pemeliharaan Jaringan dan Pemeliharaan Gardu, dengan jumlah personil masing – masing 10 orang petugas lengkap dengan dua unit kendaraan. Dan Tim Khusus itu tetap siaga, dengan sistem kerja On Call, begitu ada telephon pengaduan masuk langsung bergerak ke lokasi gangguan aliran listrik,” ungkap Denny.

Tidak hannya menyiagakan Tim Khusus, PT. PLN Rayon Praya Lombok Tengah juga melaksanakan perambasan ranting pohon secara berkala.

Langkah itu dilakukan untuk mencegah terjadinya gesekan kabel listrik dengan ranting pohon.” Perambasan ranting pohon rutin dilaksanakan tiga bulan secara. Peramabasan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya geselkan ranting pohon dengan kabel listrik, sebab kalau kabel listrik itu bergesekan dengan ranting pohon bisa menyebabkan gangguan aliran listrik,” ujar Denny. |rul.

No Responses

Tinggalkan Balasan