Pemkab. Lombok Tengah Bina 25 Warga Eks Napi

Pemkab. Lombok Tengah Bina 25 Warga Eks Napi

Lombok Tengah, SuaraLombokNews, – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Lombok Tengah memberikan pembinaan dan bantuan kepada 25 orang eks Narapidana (Napi).

Bentuk bantuan dan pemberdayaan yang diberikan kepada 25 orang eks Napi itu yakni Budidaya Ikan Lele Media Terpal yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lombok Tengah Tahun 2016.” Dari 50 eks Napi, setelah dilakukan verifikasi dan Validasi Data, hannya 25 eks Napi saja yang layak menerima pembinaan dan bantuan. Bentuk Pembinaan yang kita berikan yakni Budidaya Ikan Lele Media Terpal, dan bantuan yang kita berikan berupa, 1500 ekor bibit Ikan Lele, Terpal, Obat – obatan dan Pakan Ikan Lele, yang anggarannya bersumber dari APBD Lombok Tengah Tahun 2016,” terang Kepala Bidang (kabid) Bina Sosial Dinsosnakertran Lombok Tengah R. Muliyantoro B, Senin, (24/10/2016).

Sebelum diberikan bantuan Budidaya Ikan Lele Media Terpal, 25 orang eks Napi itu diberikan pembinaan dan ilmu pengetahuan dasar tentang Budidaya Ikan Lele Media Terpal, dan bawa berkunjung atau Study Banding ke salah satu lokasi Budidaya Ikan Lele Media Terpal yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur.” Sebelum diberikan bantuan mereka (Napi) diberikan pembekalan ilmu pengetahuan tentang Budidaya Ikan Lele Media Terpal, bahkan mereka kita ajak Study Banding ke Lombok Timur, tujuannya untuk melihat dan belajar secara langsung Budidaya Ikan Lele Media Terpal,” kata Muliyantoro.

Menurut Muliyantoro, tujuan diberikan pembinaan dan Bantuan Budidaya Ikan Lele Media Terpal kepada Eks Napi itu, untuk mengetaskan kemiskinan, membuka lapangan pekerjaan, dan untuk meningkatkan tarap hidup eks Napi.” Hajatan dari pembinaan dan pemberian bantuan itu, untuk mengetaskan kemiskinan, membuka lapangan pekerjaan baru, dan untuk meningkatkan tarap hidup mereka. Sehingga mereka tidak kembali lagi kedunia hitam dan tidak lagi melakukan aksi Kriminal,” ucapnya.

Sasaran program pembinaan dan pemberian bantuan Budidaya Ikan Lele Media Terpal itu yakni diproritaskan kepada para eks Napi yang berada di bawah garis kemiskinan, tidak memiliki pekerjaan tetap, dan memiliki pendapatan dibawah garis kemiskinan.

Dan 25 eks Napi yang menerima program pembinaan dan Bantuan tersebut berasal dari enam Kecamatan yakni Kecamatan Kopang, Praya Timur, Batukliang, Praya, Praya Tengah dan Kecamatan Jonggat.” Sasaran dari Program ini, dikhususkan kepada eks Napi yang Miskin, tidak memiliki pekerjaan tetap dan penghasilannya berada dibawah garis kemiskinan,” tutur Muliyantoro.

Dengan diberikan program pembinaan dan bantuan Budidaya Ikan Lele Media Terpal kepada 25 eks Napi tersebut, diharapkan mampu meningkatkan tarap hidup, membuka lapangan pekerjaan baru dan mampu bersaing berwiraswasta secara mandiri.” Kita tetap memperhatikan mereka agar tidak lagi kembali ke kebiasaan sebelumnya, dan diharapkan mereka bisa berupaya mandiri,” ujar Muliyantoro | rul

No Responses

Tinggalkan Balasan