SHOPPING CART

close

Fakta Tiba – Tiba Muncul Plang Sertifikat di Gili Keramat di Penyangga The Mandalika

Fakta RI
Plang SHGB atas nama PT. Balindo Purinatamegah terpasang di Gili Perigi, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB.

LOMBOK TENGAH | Sebuah Gili di wilayah Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Gili Perigi yang oleh masyarakat setempat diyakini sebagai Gili Keramat, ternyata telah dimiliki oleh perusahaan sejak tahun 2001 lalu.

Masyarakat baru menyadari dan tahu bahwa Gili Pergi yang terletak di Desa Penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika itu telah dimiliki oleh perusahaan, setelah terpasang Plang yang bertuliskan bertuliskan “Tanah ini milik PT. Balindo Purinatamegah SHGB No. 104/Mertak/2001, LS : 59,790 m2yang tertancap di pinggir Pantai Gili Perigi.”Masyarakat kaget, setelah puluhan tahun, baru tahu Gili Perigi sudah ada yang punya dan sudah bersertifikat hak guna bangunan (SHGB). Dan Gili itu diyakini oleh masyarakat sebagai Gili Keramat, kok tiba – tiba ada SHGB,” ungkap Ketua Umum (Ketum) Forum Analisis Kebijakan Untuk Rakyat Republik Indonesia (Fakta RI), Muhanan, SH, MH, Kamis, (9/5/2024).

Muhanan menjelaskan, penerbitan atau pemberian SHGB harus memenuhi semua persyaratan yang diatur dalam undang – undang.” Ini aneh tapi nyata, masyarakat saja kaget, tiba – tiba sudah puluhan tahun baru tahu Gili sudah ada yang punya. Jadi masyarakat mempertanyakan proses kepemilikan HGB sebuah Gili ini, apakah sesuai secara Undang – Undang atau disulap tiba-tiba,” sebutnya.

Jika dilihat dari tahun terbitnya SHGB Gili Perigi, lanjut Muhanan, maka Gili Perigi masuk ke dalam kategori tanah terlantar.” SHGB terbit tahun 2001. Sepertinya sudah masuk indikasi tanah terlantar , jika masa berlaku HGBnya 30 tahun, maka tinggal 7 tahun akan berakhir,” ujarnya.

Sampai dengan berita ini dimuat di suaralomboknews.com, belum ada pihak pihak terkait yang bisa dimintai penjelasan terkait dengan penerbitan dan pemberian SGHB Gili Perigi. [slnews – rul]

Tags:

0 thoughts on “Fakta Tiba – Tiba Muncul Plang Sertifikat di Gili Keramat di Penyangga The Mandalika

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

KATEGORI

Mei 2024
M S S R K J S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

STATISTIK