SHOPPING CART

close

Lomba Kampung Sehat di Lombok Tengah Mulai Dinilai

Lomba Kampung Sehat di Lombok Tengah Mulai Dinilai
Plt. Kepala Pelaksana BPBD Lombok Tengah Murdi AP bersama Tim Penilai Lomba Kampung Sehat saat melakukan penilaian Lomba Kampung Sehat di Zona Empak Bau (Selatan), Rabu (23/9/2020)

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | Tim Penilai Lomba Kampung Sehat Tingkat Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun 2020 mulai turun melakukan penilaian terhadap 36 Desa/Kelurahan yang keluar sebagai juara Lomba Kampung Sehat di tingkat Kecamatan.
Tim Penilai Lomba Kampung Sehat yang digagas Polda NTB itu berjumlah 21 orang yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah, Kepolisian, TNI, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama yang diwakili oleh MUI dan DMI.
Penilaian Lomba Kampung Sehat di 36 Desa/Kelurahan di 12 Kecmatan yang dibagi menjadi tiga Zona yakni Zona Utara (Aik Meneng), Zona Tengah (tunjung tilah dan Zona Selatan (Empak Bau) itu mulai dilaksanakan dari tanggal 23 – 29 September 2020.”Penilaian akan berlangsung dari tanggal 23 sampai dengan 29 September 2020 di 36 Desa/Kelurahan yang tersebar di 12 Kecamatan yang terbagi menjadi tiga Zona, Zona Utara, Tengah dan Selatan. Penilaian dilakukan untuk mencari 3 besar Kampung Sehat terbaik yang nantinya diusung sebagai Peserta Kampung Sehat mewakili Kabupaten Lombok Tengah di tingkat Provinsi NTB,”kata Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, Murdi AP usai melakukan penilain Kampung Sehat di Kecamatan Praya Barat, Rabu (23/9/2020).
Pria yang juga menjabat Staf Ahli Bupati Lombok Tengah Bidang Hukum,Politik dan Pemerintahan itu menjelaskan, ada 4 Parameter Penilaian Lomba Kampung Sehat yakni di bidang kelembagaan dengan total nilai 235, bidang Kesehatan dengan total nilai 500, bidang Sosial ekonomi dengan total nilai 175 dan Bidang Keamanan dengan total nilai 90.”Penilaian ini untuk melihat kondisi Kelembagaan, Kesehatan Masyarakat, Aktivitas Sosial-Ekonomi, dan Keamanan. Dan untuk menguji dan/atau membandingkan bukti-bukti dokumen, administrasi dengan fakta dilapangan, aspek-aspek kehidupan masyarakat ditengah pandemi Covid-19,”jelas Murdi AP
Tujuan dilaksanakannya Lomba Kampung Sehat, kata Murdi AP, untuk meningkatkan peran serta masyarakat menuju era tatanan baru atau New Normal Life di tengah Pandemi Covid-19 atau Virus Corona. Meningkatkan peran serta stakeholder, mulai dari tingkat RT, RW, Dusun, Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga ke tingkat Pusat, dalam pengendalian Covid-19 dan untuk menuju New Normal Life, serta Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan, keamanan, kesehatan untuk menuju New Normal Life ditengah Pandemi Covid-19.”Harapan pasca lomba, Masyarakat terbiasa dengan pola hidup sehat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Meningkatnya peran serta stakeholder mulai dari tingkat RT, RW, Dusun, Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Pusat dalam penanganan Covid-19 dan menuju New Normal Life dan Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan, keamanan, kesehatan untuk menuju New Normal Life,”katanya
Lomba Kampung Sehat, lanjut Murdi, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu diperlukan partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap Protokol Kesehatan Covid -19.”Dan Upaya untuk mendorong masyarakat agar tetap produktif, yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkesimbangunan agar dapat terciptanya situasi dan kondisi lingkungan masyarakat yang kondusif menjadikan kampung sebagai wadah berkumpulnya warga, sehingga efektif dalam mengontrol warganya,”ucapnya
Melalui Lomba Kampung Sehat, Tim Penilai juga menyampaikan lima hal penting sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, yakni menjaga Kebersihan dengan rajin cuci tangan dengan sabun, gunakan handsanitiser sebelum dan setelah memegang sesuatu, membersihkan rumah dan lingkungan. Jaga Kesehatan yakni dengan mengatur pola makan, dan menjaga imunitas. Jaga Aktivitas dengan tidak keluar rumah bila tidak penting, hindari keramaian. Jaga Jarak saat berada di keramaian atau area publik dan Tetap Pakai Masker saat keluar rumah,”pesan Murdi AP.
Berikut Jadwal Penilaian Lomba Kampung Sehat ditingkat Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020.

Zona Aik Meneng (Utara)
A. Kecamatan Batukliang, Tanggal, 23 September 2020
1. Desa Mantang di Dusun Rajumas
2. Desa Aik Darek di Dusun Kembang Kerang
3. Desa Barabali di Dusun Kelanjuh Lauk
B. Kecamatan Batukliang Utara, Tanggal, 24 September 2020
1. Desa Lantan
2. Desa Aik Berik
3. Desa Aik Bukak
C. Kecamatan Kopang, Tanggal, 28 September 2020
1. Desa Kopang Rembige di Dusun Ngorok
2. Desa Aik Bual di Dusun Bare Aleh
3. Desa Semparu di Dusun Semparu Dua
D. Kecamatan Pringgarata, Tanggal 19 September 2020
1. Desa Bilebante di Dusun Tapon Timur
2. Desa Sepakek di Dusun Kelana
3. Desa Murbaya di Dusun Dasan Baru

Zona Tunjung Tilah (tengah)
A. Kecamatan Praya, Tanggal 23 September 2020
1. Desa Mekar Damai di Dusun Bebiye Daye
2. Kelurahan Praya di Kampung Harapan Baru
3. Desa Montong Terep di Dusun Karang Timbang
B. Kecamatan Praya Tengah, Tanggal 24 September 2020
1. Desa Jurang Jaler di Dusun Mertak Men
2. Desa Pejanggik di Dusun Birali
3. Desa Batunyala di Dusun Bagek Tenten
C. Kecamatan Janapria, Tanggal, 28 September 2020
1. Desa Jango di Dusun Rungkang
2. Desa Lekor di Dusun Lingkuk Bunut
3. Desa Langko di Dusun Gubuk Langko
D. Kecamatan Jonggat, Tanggal, 29 September 2020
1. Desa Monjerok
2. Desa Sukerare
3. Desa Perine

Zona Empak Bau (Selatan)
A. Kecamatan Praya Barat, Tanggal, 23 September 2020
1. Desa Setanggor
2. Desa Mekar Sari
3. Desa Penujak
B. Kecamatan Praya Timur, Tanggal, 24 September 2020
1. Desa Mujur
2. Desa Marong
3. Desa Sukaraja
C. Kecamatan Praya Barat Daya, Tanggal, 28 September 2020
1. Desa Ranggegate
2. Desa Teduh
3. Desa Darek
D. Kecamatan Pujut, Tanggal, 29 September 2020
1. Desa Segale Anyar
2. Desa Truwai
3. Desa Kuta
[slNews – rul]

Tags:

0 thoughts on “Lomba Kampung Sehat di Lombok Tengah Mulai Dinilai

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Hari Jadi Lombok Tengah 75
LOGO Hari Jadi Lombok Tengah 75

KATEGORI

STATISTIK