LLA Sayangkan Kebijakan DKP Lombok Tengah Soal SKAB Ekspor Baby Lobster

LLA Sayangkan Kebijakan DKP Lombok Tengah Soal SKAB Ekspor Baby Lobster
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Tengah, M. Kamrin (Kiri) - Ketum LLA, Muhanan, SH (Kanan)

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), M. Kamrin mengungkap, ada salah satu perusahaan yang mendapatkan Izin Ekspor Benih Lobster telah melakukan Restocking Lobster diluar wilayah NTB. Dan Berita Acara Restocking Lobster yang dilakukan diluar Wilayah NTB itu dijadikan syarat oleh Perusahaan tersebut untuk mengajukan Surat Keterangan Asal Barang (SKAB) di Lombok Tengah, karena Benih atau Baby Lobster yang akan di ekspor oleh Perusahaan tersebut berasal dari wilayah laut Lombok Tengah.”Baru satu perusahaan yang mengajukan SKAB, UD Samudra Jaya, dan sudah melakukan pelepasan liar (Restocking), dalam berita acaranya Pelepasan Liar dilakukan di Lampung Sumatera Utara. Dan dalam ketentuan tidak ada masalah, Restocking tidak mesti dilakukan di wilayah Lombok Tengah, karena Izin berlaku secara Nasional,”ungkap Kamrin, Selasa (15/07/2020).
Terpisah, Ketua Umum Lombok Lobster Asosiasi (LLA), Muhanan, SH menyayangkan sikap Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Tengah yang menerbitkan SKAB.
Semestinya, Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Tengah, hannya menerbitkan SKAB bagi perusahaan yang memiliki Lokasi Budidaya Lobster dan Nelayan Binaan di Lombok Tengah.”Memang benar aturannya secara Nasional, tapi apakah kita akan biarkan perusahaan melakukan Restocking diluar Wilayah NTB, padahal Baby Lobster yang diekspor itu berasal dari wilayah NTB. Jadi itu tidak bisa dibiarkan, karena bisa merugikan Sumber Daya Alam (SDA) kita dan Nelayan kita, termasuk merugikan Pemprov NTB,”kesal Muhanan.
Muhanan juga mengungkapkan, salah satu perusahaan yang diberikan SKAB oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Tengah telah tiga kali melakukan Ekspor Baby Lobster.”Informasi yang kami terima perusahaan diberikan SKAB oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Tengah itu sudah tiga kali melakukan Ekspor Benih Lobster. Dan anehnya Perusahaan itu melakukan Restocking diluar wilayah NTB,”ujarnya. [slNews – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan