Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Lombok Tengah Imbau Warga di Wilayah Rawan Bencana Waspada

Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Lombok Tengah Imbau Warga di Wilayah Rawan Bencana Waspada
Plt Pelaksana BPBD Lombok Tengah, Murdi AP

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengimbau warga di sejumlah wilayah rawan bencana di Lombok Tengah untuk meningkatkan kewaspadaan karena tingginya intensitas hujan sejak beberapa hari terakhir.
BPBD juga terus melakukan pemantauan di sebagian besar wilayah Lombok Tengah yang rawan bencana, khususnya Bencana Banjir dengan melibatkan relawan desa dan segera melakukan evakuasi warga jika melihat tanda alam akan terjadinya bencana Banjir.”Saya menghimbau warga Lombok Tengah untuk meningkatkan kewaspadaan atas potensi terjadinya Banjir. Bisa jadi curah hujan ini akan mengakibatkan banjir susulan. Terutama pada wilayah pemukiman sempadan sungai, seperti bencana Banjir yang melanda 5 Desa di Kecamatan Praya Timur pada Kamis malam, 28 Mei 2020,”imbau Plt Pelaksana BPBD Lombok Tengah, Murdi AP, Jumat malam (29/05/2020).
Tingginya intensitas hujan, membuat pihaknya menyiagakan petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lombok Tengah yang diinstruksikan untuk siaga memantau titik rawan bencana Banjir.
Titik rawan yang mendapat perhatian khusus pihaknya, seperti wilayah Kecamatan Praya Timur, Praya Barat Daya dan Kecamatan Pujut, dan rawan terjadi bencana tanah longsor di Kecamatan Batukliang dan Batukliang Utara. “TRC sudah disiagakan di masing-masing wilayah sebagai upaya deteksi dini bencana, sehingga dampak dan korban dapat diminimalisir,”ujar Murdi AP
Namun hingga saat ini, belum ada laporan kejadian bencana yang terjadi di sejumlah titik rawan bencana longsor, banjir atau pergerakan tanah. Pihaknya akan tetap memantau dan mengimbau warga tetap waspada. [slNews – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan