KPU Lombok Tengah Siapkan PSU di TPS 15 Desa Pengembur

KPU Lombok Tengah Siapkan PSU di TPS 15 Desa Pengembur
Pemilu 2019

SUARALOMBOKNews – Lombok Tengah | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menerima laporan dan rekomendasi dari Bawaslu Lombok Tengah terhadap temuan 28 surat suara Calon Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten, Provinsi dan DPR RI yang tercoblos di TPS 15, Desa Pengembur, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah saat Pemilu serentak Rabu, (17/4/2019).
KPU Lombok Tengah pun menyikapi laporan dan rekomendasi dari Bawaslu Lombok Tengah itu dengan menyiapkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 15, Desa Pengembur.”Laporan sudah kami terima dari Bawaslu Lombok Tengah. Karena Surat Suara Pileg sudah tercoblos dan telah dilakukan pengecekan, harus dilakukan PSU, kami akan segera menyiapkannya, karena ada ditemukan pelanggaran,”kata Ketua KPU Lombok Tengah, Ahmad Fuad Fahrudin melalui sambungan Handphone, Jumat (19/4/2019).
Menurut Fuad, PSU harus dilakukan di TPS 15 Desa Pengembur, karena ada pelanggaran Pelaksanaan Pemilu, dan PSU dilakukan, untuk memastikan bahwa proses pemungutan suara di TPS tersebut memenuhi azas langsung, umum, bebas dan rahasia.
Fuad menjelaskan, PSU di TPS 15 Desa Pengembur bukan hannya pada surat suara Caleg saja, akan tetapi 5 surat suara Pemilu 2019, termasuk Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden dan DPD RI.”Karena ada temuan Surat Suara Caleg Provinsi, Kabupaten dan Pusat yang tercoblos, Proses pemungutan suara di TPS 15 Desa Pengembur di hentikan Bawaslu, akibatnya surat suara untuk Presiden – Wakil Presiden dan DPD RI tidak bisa di Coblos, jadi PSU di TPS 15 Desa Pengembur semua surat suara akan dicoblos ulang, dan menggunakan DPT yang ada di TPS tersebut,” jelasnya
Terkait waktu pelaksanaan PSU, Ahmad Fuad Fahrudin menjelaskan, bahwa sesuai aturan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), dan Undang Undang Pemilu, paling telat 10 hari setelah pemungutan suara 17 April.”PSU sudah kita siapkan, dan tinggal menentukan hari pelaksanaan PSU,” ujarnya. [slNews – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan