SHOPPING CART

close

Guru Besar Unram Lapor ke Polisi, Bebet Mandalika Akan Geruduk Bank NTB Syariah

Bebet Mandalika
Foto bersama Lalu Daud Ramli dengan pengurus dan anggota Aliansi Masyarakat Peduli Hukum Bebet Mandalika.

LOMBOK TENGAH | Setelah Guru Besar Universitas Mataram (Unram), Prof. Dr. H. Zainal Asikin, SH., SU melaporkan Bank Nusa Tenggara Barat (NTB) Syariah ke Polda NTB, pada awal Tahun 2024 lalu atas dugaan tindak pidana Korupsi penyaluran kredit atau pembiayaan bermasalah, pembangunan gedung kantor pusat dan pembangunan 12 paket kantor cabang pembantu serta pemberian dana sponsorship yang tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh Bank NTB Syariah, kini giliran masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Hukum Bebet Mandalika akan menggelar aksi Demo ke Kantor Pusat Bank NTB Syariah di Kota Mataram.” Surat pemberitahuan aksi sudah kami sampaikan ke Polres Mataram, dan hari Rabu, (28/2), kami Bebet Mandalika bersama masyarakat dan mahasiswa akan menggelar aksi demo ke Kantor Pusat Bank NTB Syariah,” kata Korlap Aksi Demo Aliansi Masyarakat Peduli Hukum Bebet Mandalika, Lalu Daud Ramli, Minggu, (25/2/2024).

Lalu Daud mengungkapkan, aksi demo yang akan dilakukan itu sebagai bentuk keprihatinan terhadap dugaan Korupsi di Bank NTB Syariah.” Untuk menunjukkan pendapat atas kepedulian dan rasa Prihatin kami terhadap  tindak pidana Korupsi yang diduga dilakukan Bank NTB Syariah, berdasarkan temuan dari OJK,” ungkapnya

Selain meminta jajaran Direksi Bank NTB Syariah bertanggung jawab terhadap dugaan tindak pidana Korupsi dan mendesak Pj Gubernur NTB untuk menindaklanjuti rekomendasi dari OJK, Bebet Mandalika juga meminta kepada Penyidik Polda NTB untuk segera menindaklanjuti laporan tindak pidana korupsi yang diduga dilakukan Bank NTB Syariah.” Kalau Polda NTB tidak sanggup menangani dugaan Korupsi itu, kami akan laporan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kami juga meminta Pj Gubernur NTB untuk segera menindaklanjuti rekomendasi dari OJK,” ujar Lalu Daud.

Sebelumnya, Guru Besar Unram Prof Asikin menegaskan, dirinya melaporkan dugaan tindak pidana korupsi di Bank NTB Syariah karena tidak mau berdebat dan saling sanggah di publik. Dan laporan dugaan korupsi itu berdasarkan hasil Audit Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama 6 bulan pada tahun 2023 lalu.

Bahkan kata Prof Asikin, hasil Audit dan Rekomendasi OJK sudah ditangan Pj Gubernur NTB, H. Lalu Gita Ariadi.” Tidak ingin saling sanggah di media, karena tidak produktif, maka saya laporkan ke Polda. Hasil audit OJK juga sudah ada di Pj Gubernur NTB, bahkan sudah ada rekomendasi hasil audit OJK yang menemukan 100 hal yang menjadi rekomendasi untuk ditindaklanjuti. Yang pertama asas kehati hatian dalam pengelolaan keuangan dan itu yang dilanggar dan yang disoroti pencairan kredit yang dianggap sangat membayangkan, ada perusahaan yang baru berdiri, baru didirikan minta kredit 14 Miliar lalu dicairkan. Sedangkan masyarakat mau pinjam kredit malah susah. Diduga ada rekom pejabat. Sejak dicairkan endak pernah bayar angsuran bagaimana endak macet, malah ada kebijakan Reschedule Ini bahaya,” ungkapnya. 

Prof. Asikin berharap segera dipanggil oleh penyidik Ditreskrimsus Polda NTB, sehingga dirinya bisa memberikan keterangan secara lengkap dan detail berdasarkan hasil Audit OJK tahun 2023.”Berharap dipanggil segera untuk di BAP, supaya lebih detail saya memberikan keterangan dan data secara detail termasuk pembelian tanah di KEK Mandalika senilai 5 M yang diduga tidak ada dokumen tanah dan  objeknya juga tidak jelas,” harapnya

Prof Asikin juga berharap kepada Aparat Penegak Hukum (APH) untuk  segera melakukan penyelidikan karena sudah jelas unsur dugaan tindak pidana perbaikannya. “Contoh memberikan sponsor MXGP 5 miliar, semestinya ada proposal. Dan harapan ke pemilik saham melakukan RUPS dan mempertimbangkan rekomendasi OJK mengganti Direksi, cermati rekom OJK jangan gara gara uang kita membela yang salah. Pemegang saham memperhatikan dan Rekom OJK jangan diabaikan,” harapnya. [slnews – rul].

Tags:

0 thoughts on “Guru Besar Unram Lapor ke Polisi, Bebet Mandalika Akan Geruduk Bank NTB Syariah

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

KATEGORI

Februari 2024
M S S R K J S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

STATISTIK