SHOPPING CART

close

Awas..! Satgas Saber Pungli Lombok Tengah Mulai Mengintai

Satgas Saber Pungli Kabupaten Lombok Tengah
Plt Asisten I Setda Lombok Tengah, Murdi AP

LOMBOK TENGAH | Upaya memberantas praktik pungutan liar (Pungli) dalam pelayanan publik di Pemerintah Daerah (Pemda) terus digalakan oleh Pemda Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Hal itu dibuktikan dengan telah disusunya Surat Keputusan Bupati Lombok Tengah tentang pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar ( Satgas Saber Pungli ) tingkat Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2021. ” Surat Keputusan Satgas Saber Pungli sudah di meja Pak Bupati, tinggal di tandatangan pak Bupati,” kata Plt Asisten I Setda Lombok Tengah, Murdi AP, Jumat, (11/6/2021).
Murdi menegaskan, dibentuknya Satgas Saber Pungli tingkat Kabupaten Lombok Tengah untuk melaksanakan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dan untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor: 180/3935/S tentang Pengawasan Pungutan Liar dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. ” Jadi dibentuknya  Satgas Saber Pungli ini untuk melakukan langkah-langkah  pencegahan, pengawasan dan penindakan praktek pungutan liar di Lombok Tengah. Karena tidak akan terjadi Pungli, kalau enggak ada yang memberi. Praktik Pungli ini, bisa bersumber karena ada tekanan, atau bisa bersumber dari inisiatif yang memberi, dan dua-duanya (Penerima dan pemberi) kita berantas,”tegasnya
Satgas Saber Pungli Kabupaten Lombok Tengah kata Murdi, beranggotakan dari unsur Dinas/Instasi terkait Lingkup Pemkab Lombok Tengah, Insektorat Lombok Tengah, Polres Lombok Tengah, Kejaksaan Negeri Lombok Tengah dan Kodim 1620/Lombok Tengah. ” Satgas Saber Pungli mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efesien, dan Satgas mempunyai wewenang untuk membangun sistem dan menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pencegaharn dan pemberantasan Pungli.  Melakukan pengumpulan data dan informasi dari pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi. Mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan Pungli.  Melakukan operasi tangkap tangan, yang dilanjutkan dengan menyerahkan  pelaku Pungli pada aparat yang berwenang untuk diperoses lebih lanjut sesuai peraturan  perundang- undangan dan memberikan rekomendasi kepada Bupati untuk memberikan sanksi kepada pelaku Pungli untuk diproses secara Administrasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian atau Secara pidana sesuai ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku.  Memberikan rekomendasi pembenitukan dan pelaksanaan Satgas unit Saber Pungli di setiap perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik kepada Bupati dan melaksanakan evaluasi kegiatan permberantasan Pungli,”jelasnya
Satgas Saber Pungli Lombok Tengah lanjut Murdi memfokuskan pengawasan secara berkesinambungan untuk mencegah dan menghapus Pungli, khususnya pada area Perizinan yang meliputi, Rekomendasi dan/atau penerbitan izin mendirikan bangunan. Rekomendasi dan/atau penerbitan izin gangguan. Rekomendasi dan/atau penerbitan izin trayek. Rekomendasi dan/atau penerbitan in perhubungan darat. Rekomendasi tidak sengketa tanah. Relkomendasi dan /atau penerbitan izin usaha dan Rekomendasi dan/atau penerbitan izin lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
Area Hibah dan bantuan sosial meliputi, Pencairan dana hibah dan bantuan sosinl dan Pemotongan dana bantuan sosial.
Area Kepegawaian meliputi, Mutasi pegawal. Kenaikan pangkat. Promosi jabatan, dan Pemotongan BAJ guru, tenaga kesehatan dan pegawai tidak tetap.
Area Pendidikan meliputi, Pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan Pemotongan uang makan guru.
Area Pelayanan publik meliputi, Penyaluran beras miskin, Pelayanan administrasi peperndudukan dan catatan sipil, Pelayanan dibidang kesehatan dan pendidikan dan Pelayanan pada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T)
Dan area Pengadaan barang/jasa, mulai dari Perencanaan hingga pengadaan barang dan jasa. “Intinya  yang kita prioritaskan ialah pencegahan, pencegahan lebih baik dari penindakan, dan sosialisasi pencegahan Pungli ini akan kita sampaikan secara terus – menerus kepada masyarakat. Jika sudah dicegah tetapi masih saja melakukan Pungli maka Penerima dan pemberi akan ditindak tegas,” ujar Murdi. [slnews – rul]

Tags:

0 thoughts on “Awas..! Satgas Saber Pungli Lombok Tengah Mulai Mengintai

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

DPRD Lombok Tengah
Idul Fitri 1542 H

KATEGORI

Juni 2021
M S S R K J S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

STATISTIK