ITDC Bersama Pelaku Pariwisata Melepas Kembali Anak Penyu di Panti Kuta Lombok

ITDC Bersama Pelaku Pariwisata Melepas Kembali Anak Penyu di Panti Kuta Lombok
Sejumlah Wisatawan dan warga bersama PT. ITDC melepas Tukik atau anak penyu di Pantai Kuta, KEK The Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB, Selasa (15/9/2020).

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Lombok, di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada hari Selasa (15/9/2020) melakukan pelepasan 50 ekor Eukik (Anak Penyu) di area Pantai Kuta, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.
Aksi peduli lingkungan ini dilaksanakan oleh Tim Operasional ITDC bersama 20 orang yang terdiri dari pelaku pariwisata di sekitar The Mandalika beserta anak-anak, wisatawan mancanegara, wisatawan domestik, dan warga setempat.
Managing Director The Mandalika, I Wayan Karioka mengatakan, Pelepasan tukik atau anak penyu kembali ke habitatnya di laut adalah salah satu upaya pelestarian penyu yang tergolong ke dalam satwa langka dan dilindungi oleh undang-undang.”Selain sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup, aksi pelepasan tukik ini juga telah memperoleh antusiasme dari pelaku industri pariwisata, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai salah satu atraksi yang dapat dilakukan oleh wisatawan di The Mandalika,”katanya
Antusiasme dari pengunjung disampaikan oleh salah satu wisatawan domestik dari Jogjakarta yang menyampaikan bahwa dirinya sangat senang untuk melakukan aksi pelepasan tukik ini.“Saya sangat gembira melepaskan tukik ini ke laut karena memberikan pelajaran bagi kami terutama anak-anak mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan menyayangi binatang. Kegiatan ini patut diapresiasi sekaligus menambah perspektif kita tentang arti dan aksi nyata pelestarian satwa liar yang dilindungi,”ucapnya
Sementara itu, Operations Head The Mandalika, I Made Pari Wijaya menambahkan bahwa munculnya tukik di perairan The Mandalika disebabkan oleh menetasnya telur-telur penyu di area Pantai Kuta di malam hari pada Senin (14/9).“Pantai Kuta, The Mandalika, merupakan area pantai berkarang yang cocok menjadi lokasi penyu bertelur. Munculnya 50 tukik ini sudah berlangsung ketiga kalinya dalam rentang waktu beberapa bulan terakhir,” jelas Pari.
Sebelumnya, terdapat 80 – 100 tukik yang menetas di area Kuta Beach Park The Mandalika pada bulan Juli lalu. Tukik tersebut seluruhnya dilepaskan bersama dengan wisatawan yang berkunjung ke The Mandalika.
Melalui aksi ini ITDC berharap dapat membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian penyu yang secara terus menerus bermigrasi dan hidup di seluruh perairan Indonesia.“Dengan adanya kegiatan ini, diharap dapat membangun kesadaran kita semua mengenai pentingnya konservasi alam bagi kelangsungan hidup hewan langka, salah satunya penyu sehingga bisa membuat kita lebih menyayangi lingkungan kita bersama,” tutup Karioka. [slNews – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan