SHOPPING CART

close

STQ XXVI Tingkat Kacamatan Praya Digelar

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH |  Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ)  XXVI Tahun 2020 tingkat Kecamatan Praya,  Kabupaten Lombok Tengah, Nuas Tenggara Barat (NTB) mulai digelar Selasa malam, (18/02/2020).
STQ XXVI yang digelar di Kantor Lurah Panji Sari, Kecamatan Praya, Lombok Tengah itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri, S.pd dan dihadiri, Camat Praya,  Lurah, Kepala Desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat se Kecamatan Praya.
STQ XXVI Tahun 2020 Tingkat Kecamatan Praya, Lombok Tengah akan dilaksanakan dari tanggal 18 – 22 Februari 2020.
Pembukaan STQ ke XXVI Tahun 2020 itu mendapat sambutan meriah dari masyarakat Kecamatan Praya yang memadati arena STQ.
Dalam sambutannya, HL.Pathul Bahri menyampaikan Apresiasi atas kekompakan masyarakat dalam mensukseskan kegiatan STQ. Hal itu terlihat dari semaraknya rangkaian kegiatan hingga pelaksanaan STQ. Dan kekompakan itu kata Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Lombok Tengah,  perlu terus ditingkatkan, terlebih dalam kegiatan-kegiatan keagamaan semacam ini.
Hasil STQ kata H. Lalu Pathul, akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Lombok Tengah yang akan dilaksanakan di Kecamatan Praya Timur. Sedangkan hasil MTQ tingkat Kabupaten akan mengikuti tingkat Provinsi NTB yang akan dilaksanakan di Kabupaten Dompu, dan hasil tingkat Provinsi akan mengikuti tingkat Nasional yang akan dilaksnakan di Provinsi Papua.
Perkembangan  Tilawatil Qur’an merupakan salah satu prioritas Pemkab Lombok Tengah. Komitmen Pemkab Lombok Tengah dalam mengembangkan Tilawatil Qur’an ditunjukkan dengan pembinaan Qori dan Qoriah yang terus ditingkatkan. Begitu juga dengan perhatian terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang membina para pembaca Al-Qur’an terus diberikan dukungan.
Hasil pembinaan selama ini, lanjut H. Lalu Pathul, sangat maksimal. Sejumlah Qari dan Qariah terbaik Lombok Tengah mampu unjuk prestasi, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Para Qari’ dan Qari’ah terbaik telah memberikan reward. Baik berupa uang pembinaan hingga ibadah umroh.Yang mana tahun ini sebanyak 15 Qari dan Qariah maupun pembimbing diberangkatkan ke tanah suci. Semua itu, kata Wabup merupakan bentuk penghargaan karena telah mengharumkan nama Kabupaten Lombok Tengah.
Begitu juga dengan anggaran pembinaan Tilawatil Qur’an mencapai Rp 2 milyar lebih yang sebelumnya hanya ratusan juta.
Lebih lanjut H. Lalu Pathul menjelaskan, membumingkan Al-Qur’an merupakan kewajiban seluruh masyarakat. Hal ini perlu ditanamkan sejak dini. Selain sebagai petunjuk atau panduan hidup, Al-Qur’an bisa menjadi filter yang baik kaum muslim yang harus dimuliakan. Terutama  dalam menghadapi dinamika kehidupan di tengah era globalisasi seperti sekarang ini yang semakin mengkhawatirkan.”Kita berharap Tilawatil Qur’an bisa terus dikembangkan. Sehingga keberkahan bisa terus tercurahkan bagi masyarakat Lombok Tengah,”harapnya. [slNEWS – rul]

Tags:

0 thoughts on “STQ XXVI Tingkat Kacamatan Praya Digelar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Hari Jadi Lombok Tengah 75
LOGO Hari Jadi Lombok Tengah 75

KATEGORI

STATISTIK