Gunung Soputan di Minahasa Sulawesi Utara Meletus

Gunung Soputan di Minahasa Sulawesi Utara Meletus

SUARALOMBOKNEWS.COM | Gunung Soputan di Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Meletus pada Rabu, (3/10/2018) Pukul 08.47 WITA
Diakun Twitternya, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, tinggi kolom Abu Vulkanik Letusan Gununng Soputan di Minahasa, Sulawesi Utara itu mencapai 4.000 meter, dan mengarah ke Barat laut.”Tinggi kolom abu vulkanik 4.000 meter mengarahnke barat-barat laut. PVMBG mencatat amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit,” twit Sutopo.
Menurut Sutopo, belum diperlikan upaya pengungsian warga akibat Letusan Gunung Soputan.”Belum ada perlu pengungsian,” ucapnya.
Di akun Twitternya, Sutopo juga menjelaskan kepada masyarakat terkait dengan Video dan Foto yang menggambarkan Letusan hebat Gunung Soputan yang beredar luas di Media Sosial.”Video ini bukan erupsi Gunung Soputan. Ini erupsi gunung di Amerika Selatan. Jika dikatakan erupsi Gunung Soputan, itu HOQX. Abaikan dan jangan ikut menyebarkan di sosial media. Ini bukan letusan Gunung Soputan. Foto ini HOAX. Foto ini rekayasa yang pernah juga disebarkan sebagai letusan Gunung Sinabung tahun 2014. Jangan ikut menyebarkan. Buang saja karena hoax,”imbau Sutopo.
Sutopo juga memberikan penjelasan terkait dengan beredarnya Video di media sosial yang menggambarkan letusan Gunung Soputan yang mengeluarkan Lava.”Video ini HOAX. Ini bukan lava Gunung Soputan. Gunung Soputan meletus pada 3/8/2018 pukul 08.47 WITA. Tapi tidak mengeluarkan lava keluar dari kawah. Abaikan dan delete jika menerima video ini di medsos,” pintanya. [Tim Redaksi – slNews.com].

No Responses

Tinggalkan Balasan