Jelang Pemilukada Serentak 2018, Kapolda NTB Gelar Safari Peduli Umat

Jelang Pemilukada Serentak 2018, Kapolda NTB Gelar Safari Peduli Umat

Foto Bersama Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. M. Firli M.Si (enam dari kanan)  bersama Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, S.Ip (lima dari kanan), Kapolres Loteng AKBP. Kholilur Rochman (tiga dari kanan), pada acara Safari Kapolda NTB Peduli Umat Dalam Rangka Mewujudkan Terpeliharanya Kamtibmas Menjelang Pelaksanaan Pemilukada Serentak 2018 di Wilayah Hukum Polda NTB, Rabu, (20/12/2017).

SuaraLombokNews.com – Lombok Tengah | Dalam rangka mewujudkan situasi Keamanan dan Ketertibam Masyarakat (Kamtibmas) yang aman, nyaman dan kondusif menjelang Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Serentak Tahun 2018 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. M. Firli M.Si  menggelar Safari Peduli Umat Dalam Rangka Mewujudkan Terpeliharanya Kamtibmas Menjelang Pelaksanaan Pemilukada Serentak 2018 di Wilayah Hukum Polda NTB, Rabu, (20/12/2017).

Kegiatan Safari Kapolda NTB dengan Tema  “ Love Care and Share” ( Cinta, Perduli dan Berbagi) itu digelar di Bencingah Adi Guna Alun – alun Tastura Praya Lombok Tengah (Loteng), dan di hadiri Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, S. Ip, Kapolres Loteng AKBP. Kholilur Rochman, Dandim 1620/Loteng Letkol Inf. Is Abul Rasi, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Loteng, Para Kepala Desa (Kades) se – Loteng, Kepala Satuan Kerja Pelayan Masyarakat (SKPM) Loteng, Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda, serta para Pengurus Partai Politik di Loteng.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polri, khususnya kepada Personil Kepolisian Polres Loteng yang telah berhasil menjaga dan mewujudkan Situasi Kamtibmas di wilayah Bumi Tatas Tuhu Trasna.” Safari yang dilaksanakan  ini merupakan bentuk perhatian  Pak Kapolda kepada Masyarakat Loteng, kegiatan ini sejalan dengan Visi dan Misi Polri, selalu dekat dengan Masyarakat. Kami sangat berbahagia, terlebih lagi beberapa waktu yang lalu Polres Loteng diberikan penghargaan Polres terbaik dibidang Indeks Tata Kelola peringkat ke 2 Nasional  Tahun 2017 oleh Kapolri. Upaya Polres Loteng dengan membentuk Pos – pos keamanan terpadu sangat epektif dan mampu menangkal  gangguan Kamtibmas di Loteng, dan situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif inilah yang kami harapkan, untuk itu atas nama masyarakat Loteng saya mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Loteng beserta seluruh jajarannya,” ucapnya.

Menurut Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) NTB itu, menjelang pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018 mendatang, masyarakat Loteng sangat dewasa dalam berdemokrasi, dan Pemkab. Loteng akan terus bersama – sama Polri menjaga Kamtibmas.” Masyarakat Loteng sangat dewasa dalam berdemokrasi, boleh berbeda pilihan tetapi tetap bersatu. Kami akan terus bersama – sama Polri menjaga Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif,” ujar Lalu Pathul Bahri.

Sementara itu Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. M. Firli M.Si  mengungkapkan, kedatangan dirinya bersama rombongan di Loteng untuk memberikan keyakinan kepada seluruh elemen masyarakat NTB khususnya masyarakat Loteng, bahwa terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan Kondusif merupakan salah satu kontribusi dan peran serta seluruh elemen masyarakat Loteng.”Hari ini saya berada di Loteng,  kemarin saya berada di Sumbawa,  hari ini kita sangat yakini bahwa keberhasilan apa yang kita capai khususnya situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan damai di NTB ini adalah salah satu wujud Kontribusi Rakyat makanya saya datang.  Saya sadar bahwa situasi Kamtibmas yang aman dan nyaman itu adalah akibat, berkat dukungan dan peran serta masyarakat makanya saya datang. Situasi yang aman ini merupakan salah satu prasyarat berlangsungnya pembangunan Nasional yang ada di NTB, kalau tidak aman ya tentu kita tidak bisa melaksanakan pembangunan,” ungkapnya.

Brigjen Pol. Drs. M. Firli M.Si  meyakini masyarakat NTB siap untuk menyambut Pemiluka Serentak Tahun 2018.

Brigjen Pol. Drs. M. Firli M.Si  juga memastikan dan menjamin pelaksanaan Pemilukada serentak 2018 di NTB akan berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif.

Untuk itu Brigjen Pol. Drs. M. Firli M.Si , berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat NTB, para elit Politik dan para bakal calon Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk bersama – sama mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.”Saya yakin bahwa masyarakat siap untuk menyambut pelaksanaan Pemilukada NTB 2018, masyarakat sudah menyatakan siap untuk membuat Pilkada ini yang aman,  yang jujur,  yang demokratis,  yang adil,  sehingga mereka tidak melakukan atau ikut memprovokasi , karena mereka sadar bahwa siapapun nanti yang terpilih menjadi Gubernur, Bupati dan Wali Kota itu tujuannya adalah mewujudkan Keamanan Nasional indonesia,  melindungi segenap Rakyat Indonesia memajukan Rakyat Indonesia dan mencerdaskan Kehidupan Bangsa itu yang diinginkan Rakyat. Kalau  ingin melihat suatu daerah itu rawan atau tidak tentu harus lihat siapa pasangan yang akan muncul atau maju dalam Pilkada,   nah sekarang pasangannya belum ada yang ada sekarang ini Bakal – bakal Calon, nanti kalau sudah ada calon baru bisa kita lihat, kalau sekarang kan tidak jelas , karena tahapan penetapan Pasangan Calon itu pada tanggal 12 Februari 2018 , sekarang ini masih dalam tahapan klarifikasi paktual tentang syarat – syarat Calon Independen itu yang sedang kita ikuti,” tuturnya.

Untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan Kondusif pada pelaksanaan Pemilukada serentak 2018, seluruh personil Polda NTB akan dikerahkan termasuk dari Sat Brimob Polda NTB.

Polda NTB juga tidak akan meminta bantuan tambahan personil atau BKO dari Mabes Polri.” Semua personil Polri kita kerahkan, semua anggota Brimob kita kerahkan, dan kita telah membuatkan suatu persiapan untuk pengamanan Pilkada, itu sudah siap semua. Tidak ada BKO dari Pusat karena prinsifnya bahwa kita Sadar bahwa dari 171 Daerah yang akan melaksanakan Pemilukada serentak 2018,  17 ditingkat Provinsi,  selebihnya di Kabupaten / Kota artinya setiap Polda memiliki tanggungjawab bagaimana mewujudkan situasi aman dan nyaman dalam Pilkada , makanya aman dan tidaknya Pilkada tergantung oleh seluruh elemen masyarakat tidak terkecuali Media Massa, jadi kalau mau aman nulis yang benar,” pesan Brigjen Pol. Drs. M. Firli M.Si .

Di tengah – tengah acara Safari, didampingi Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, Kapolres Loteng AKBP. Kholilur Rochman, dan unsur Forkompinda Loteng, Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. M. Firli M.Si  memberikan penghargaan kepada Kades Barabali Ki Agus Azhar sebagai juara satu tingkat Nasional Desa Benderang Informasi Fublik  (DBIF) tahun 2017.

Penghargaan juga diberikan kepada Anggota Babinsa Desa Pengenjek, Koramil Jonggat, Kodim 1620/Loteng Serda Muhamad Mansur dan kepada Bhabinkamtibmas Desa Air Jangke Polsek Pringgarata Bripka Heriawan Sutardi.

Serda Muhamad Mansur diberikan penghargaan karena berperan aktif bersama Bhabinkamtibmas dan aparat Desa dalam menjaga situasi Kamtibmas, sedangkan Bripka  Heriawan Sutardi diberikan penghargaan karena berhasil berkoordinasi dengan masyarakat di Desa binaannya dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi Korban banjir di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Selain memberikan penghargaan, Kapolda NTB juga memberikan santunan kepada puluhan anak yatim, penyandang tuna netra dan kepada Istri Anggota Polres Loteng Aiptu Lalu Subuh yang menderita kebutaan  sejak tahun 2000. Bantuan juga diberikan kepada Istri Anggota Polres Loteng yang  meninggal dunia dalam melaksanakan tugas dan kepada salah Anggota Polres Loteng Aipda I Gusti Ngurah Putra yang menderita penyakit stroke sejak tahun 2014.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda NTB juga menandatangani Prasasti Peresmian Pembangunan Rumah Dinas Tipe 54 dan Tipe 38 Polsek Pringgarata. (SLnews.com – rul).

No Responses

Tinggalkan Balasan