SHOPPING CART

close

Rumah Warga Desa Bonder Porak Poranda Tertimpa Pohon Tumbang

Inilah Kondisi Rumah Inaq Yunus warga Dusun Bawaq Gunung Desa Bonder Kecamatan Praya Barat Loteng yang porak poranda akibat tertimpa pohon tumbang, Senin, (13/3/2017)”

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Nasib Malang menimpa Inaq Yunus 55 Tahun warga Dusun Bawaq Gunung Desa Bonder Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah (Loteng).

Rumah  berbahan Bambu, Bedeq dan beratapkan Asbes milik Inaq Yunus  porak poranda dan rata dengan tanah setelah tertimpa pohon Kekere, Senin, (13/3/2017).

Peristiwa pohon tumbang yang menimpa rumah Janda Tua itu terjadi sekitar Pukul 15.30 Wita.

Beruntung Peristiwa Pohon tumbang tersebut tidak memakan korban jiwa, karena pada saat kejadian Pohon Tumbang itu,  Inaq Yunus bersama cucunya tengah  beraktivitas diluar rumah.

Mengetahui ada Pohon Tumbang yang menimpa rumah Inaq Yunus, warga, tetangga dan kerabat Inaq Yunus  datang berduyun – duyun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Dengan menggunakan peralatan seadanya, warga bahu membahu membersihkan ranting pohon, dan  membersihkan puing – puing bangunan rumah Inaq Yunus.” Dia (Inaq Yunus) tingal bersama cucunya, beruntung pada saat pohon tumbang, dia dan cucuknya berada di halaman rumah. Kondisi  rumahnya hancur dan barang – barang yang ada didalam rumahnya juga ikut hancur, hannya sebagian yang bisa di selamatkan,” terang Kepala Desa (Kades) Bonder Lalu Hamzanwadi, Selasa, (14/3/2017).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng yang menerima laporan ada rumah warga yang tertimpa pohon tumbang, langsung menuju TKP, dengan membawa sejumlah peralatan seperti Sinso atau alat pemotong Kayu.” Tim dari BPBD sudah turun. Hannya saja warga masih kawatir karena ada satu pohon serupa yang sewaktu – waktu bisa tumpang, untuk itu kami berharap Pohon itu juga ditebang,” pinta Lalu Hamzan.

Lalu Hamzan menceritakan, selain hidup sebatang kara, kondisi ekonomi Inaq Yunus juga sangat memprihaatinkan. Untuk bertahan hidup Inaq Yunus bersama salah seorang cucunya sehari – hari bekerja sebagai buruh pemecah Batu di Gunung Bale Be.” Suaminya telah meninggal dunia, Tidak punya sawah, tidak memiliki saudara, dan sehari – hari bekerja sebagai buruh pemecah batu. Setelah kejadian itu saat ini Inaq Yunus sedang menangis  meratap rumahnya yang telah hancur tertipa pohon. Untuk sementara saat ini Inaq Yunus dan cucunya masih menumpang di rumah tetangga,” ceritanya.

Inaq Yunus berharap, ada bantuan dari Pemerintah untuk membangun rumahnya yang telah rata dengan tanah akibat tertimpa pohon tumbang tersebut.” Harapannya mudah – mudahan ada bantuan dari Pemerintah, terlebih lagi Dia termasuk masyarakat Miskin, yang sangat membutuhkan uluran tangan dari Pemerintah,” ujar Lalu Hamzan.

Selain membersihkan ranting pohon dan puing – puing rumah Inaq Yunus, Petugas dari BPBD Loteng juga menghitung kerugian material  yang dialami Inaq Yunus akibat dari Pohon Tumbang tersebut.” Tim Rehabilitasi dan Rekutruksi masih menghitung kerugian yang ditimbulkan akibat dari Pohon Tumbang itu. Nanti setelah ada hasilnya, akan ada bantuan stimulan yang diberikan kepada korban, berupa bahan bangunan, seperti Asbes, Paku dan Kayu,” sambung Plt. Kepala BPBD Loteng Hairil Ishak. (slnews.com – rul)

Tags:

0 thoughts on “Rumah Warga Desa Bonder Porak Poranda Tertimpa Pohon Tumbang

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Hari Jadi Lombok Tengah 75
LOGO Hari Jadi Lombok Tengah 75

KATEGORI

STATISTIK