Inilah Tugas dan Wewenang Satgas Saber Pungli yang Dilantik Bupati Loteng

Inilah Tugas dan Wewenang Satgas Saber Pungli yang Dilantik  Bupati Loteng

Bupati Loteng HM. Suhaili FT, SH saat melantik dan mengukuhkan Satgas Saber Pungli di Pendopo Bupati Loteng”

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Bupati Lombok Tengah (Loteng) HM. Suhaili FT, SH  melantik dan mengukuhkan 26 personil Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli), di Pendopo  Bupati Loteng, Kamis, (19/1/2017).
Pembentukan dan Pelantikan Satgas Saber  Pungli Loteng itu sesuai dengan Keputusan Bupati Loteng Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pembentukan Satgas Saber Pungli Loteng.
Ketua Satgas Saber Pungli Loteng ini dipercayakan kepada  Wakil Bupati Loteng Lalu Fathul Bahri,S.Ip itu, sedangkan personilnya  diambil dari beberapa instansi, yakni  dari Polres Loteng, Kejaksaan Negeri  Praya Loteng, Kodim 1620 Loteng, dan dari Inspektorat Pemkab Loteng.
Dalam sambutannya, Bupati Loteng HM. Suhaili FT, SH mengatakan, Satgas Saber Pungli Loteng dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli  dan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Nomor 78 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli.” Alhamdulillah Pak Presiden telah diberikan Hidayah dan petunjuk dengan menerbitkan Kepres tentang Satgas Saber Pungli. Dalam Kepres itu daerah diharuskan untuk membentuk Satgas Saber Pungli, tugasnya untuk memberantas Pungli secara maksimal,” katanya.
Menurut orang nomor satu di Bumi Tatas Tuhu Trasna itu, pembentukan Satgas Saber Pungli sangat positif, dalam rangka menjaga pelayanan Publik yang bersih dari Pungli.
Pasalnya, selama ini Pungli sudah mendarah daging dan  membudaya ditengah – tengah masyarakat, yang dampaknya  sangat merugikan masyarakat.” Pembentukan Satgas Saber Pungli ini sangat baik dalam rangka ihtiar kita menjaga pelayanan publik yang bersih dari Pungli. Pungli ini sangat merugikan masyarakat. Untuk diketahui Pungli ini hampir – hampir sudah mendarah daging, bahkan sudah membudaya di tengah – tengah masyarakat. Dan Pungli ini juga sudah menahun di tengah – tengah masyarakat, namun masyarakat sendiri menganggapnya sesuatu yang bisa, inilah yang harus kita cegah bersama – sama, karena Pungli ini telah merusak sendi – sendi bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucap HM. Suhaili FT.
Bupati Loteng dua Periode itu mengingatkan apabila ada kendala di lapangan, segera lah konsultasikan dengan duduk bersama agar bias memecahkan juga bersama. Ia pun berharap Satgas Saber Pungli bisa mencapai apa yang di harapkan masyarakat, sehinga Masyarakat Loteng  terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.” Satu hal yang harus dipahami Satgas Saber Pungli ini terdiri dari Multi Unsur, untuk itu diperlukan koordinasi yang intens, seperti bagaimana Pemkab memberikan dukungan personil untuk melaksanakan tugas, sehingga  bisa melaksanakan tugas secara efektif dan maksimal. Tugas itu bisa tercapai dengan meningkatkan fungsi intelejen, koordinasi,  tidak tebang pilih, dan yang paling penting adalah pencegahan dengan cara memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang Satgas Saber Pungli,” tutur HM. Suhaili FT.
Dalam sabutannya tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Prov. NTB itu juga memaparkan  wewenang Satgas Saber Pungli  yakni, Membangun system pencegahan dan pemberantasan pungutan liar, Melakukan pengumpulan data dan informasi dari kementerian/lembaga dan pihak lain yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi, Mengoordinasikan, merencanakan, dan melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar, Melakukan operasi tangkap tangan, Memberikan rekomendasi kepada pimpinan kementerian/lembaga, serta kepala pemerintah daerah untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungli sesuai dengan ketentuan
peraturan perundang-undangan, Memberikan rekomendasi pembentukan dan
pelaksanaan tugas lain unit Saber Pungli di setiap instansi penyelenggara pelayaan publik kepada pimpinan kementerian/lembaga dan kepala pemerintah daerah dan Melakukan evaluasi pemberantasan pungutan liar.”Segera mungkin dilakukan koordinasi untuk  pemahaman kerja Satgas Saber  Pungli,” ujar HM. Suhaili FT.
Ditempat yang sama Ketua Satgas Saber Pungli  Lalu Fathul Bahri mengatakan, dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan rapat koordinasi dengan semua anggota Satgas Saber Pungli.” Minggu depan kita akan rapat koordinasi dengan semua pengurus, nanti kita akan membahas terkait dengan SOP dan petunjuk teknis dari sistem keja
Satgas Saber Pungli,” pungkasnya.
Pelantikan dan pengukuhan Satgas Saber Pungli itu  dihadiri jajaran Forkompinda Loteng, dan Kepala SKPD Lingkup Pemkab. Loteng. (slnews – com)

No Responses

Tinggalkan Balasan