Tim Pora Dibentuk, Polisi Siap Awasi Orang Asing

Tim Pora Dibentuk, Polisi Siap Awasi Orang Asing

Lombok Tengah, SuaraLombokNews, – Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) diharapkan dapat mempererat kerjasama antar Instansi untuk mengetahui keberadaan dan aktifitas orang asing.

Kawasan Pulau Lombok Provinsi NTB, Khususnya wilayah Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu daerah dengan intensitas aktifitas orang asing yang cukup dinamis. Aktifitas orang asing di Lombok Tengah saat ini mencakup wisata, pekerja dan perkawinan campuran.

Dan untuk menghadapi MEA dan amanat Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, disetiap Daerah di minta membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Pora).

Di Lombok Tengah sendiri, saat ini telah di bentuk Tim Pora, dan telah dikukuhkan Kemenkumham RI pada acara Rapat Koordinasi Tim Pora yang digelar di salah satu Hotel berminta yang ada di depan Lombok Internasional Airport (LIA), Kamis, (20/10/2016).

Selain mengukuhkan Tim Pora Lombok Tengah, pada acara Rapat Koordinasi Tim Pora tersebut,Kemenkumham juga mengukuhkan Tim Pora Kabupaten Lombok Timur.” Rapat Koordinasi Tim Pora itu untuk menindak lanjuti SK Kemenkumham RI tentang pembentukan Timpora yang ada di Lombok Tengah dan Lombok Timur. Serta untuk melakukan upaya – upaya penindakan terkait dengan kasus orang asing,” kata Kasat Intelkam Polres Lombok Tengah sekaligus Ketua Bagian Intelijen Tim Pora Lombok Tengah AKP. I Nyoman Sumantara, Jum’at, (21/10/2016).

Dengan telah dibentuknya Tim Pora di dua Kabupaten tersebut diharapkan mampu melakukan upaya penindakan dilapangan, dan dinas/instansi terkait, termasuk TNIPolri yang ada di dua Kabupaten tersebut dapat bekerjasama sesemaksimal mungkin.” Timpora tersebut dalam melakukan upaya penindakan dilapangan agar dapat bekerja semaksimal mungkin dengan target yaitu dalam waktu dua minggu kedepan harus menemukan satu target terhadap orang asing diwilayah masing – masing Tim Pora,” ujar AKP. I Nyoman Sumantara.

Acara Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Pora tersebut di hadiri langsung Jajaran Pemkab. Lombok Tengah, Lombok Timur, Kasi wasdakin kantor Imigrasi Mataram, Divisi Keimigrasian Kemenkumham RI, Jajaran Kodim 1620/Lombok Tengah, Lombok Timur , jajaran Polres Lombok Tengah, Lombok Timur dan dari jajaran Kantor Kementerian Agama Lombok Tengah. |rul.

No Responses

Tinggalkan Balasan