Padang Savana Gunung Renjani Rute Pendakian Lombok Tengah Terbakar

Padang Savana Gunung Renjani Rute Pendakian Lombok Tengah Terbakar

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah |  Padang rumput atau Savana yang berada di bawah Pelawangan Elong Kedie dan Gunung Kondok Taman Nasional Gunung Renjani (TNGR) rute pendakian Lantan, Desa Lantan dan Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) hangus terbakar.
Kepada SuaraLomboknews.com, Koordinator Pam Wisata Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu, di Desa Aik Berik, Apip, Minggu, (14/10/2018) mengatakan, kebakaran di kawasan Padang Rumput TNGR rute Pendakian Lantan dan Aik Berik itu terjadi sejak satu minggu lalu, dan sampai saat ini kebakaran itu masih berlangsung.” Api mulai muncul satu minggu yang lalu di bawah Pelawangan Elong Kedie dan Gunung Kondok,. Saat ini kawasan Padang Rumput itu masih terbakar, dilihat dari kepulan asap yang muncul di bawah Pelawangan Elong Kedie,” katanya.
Pada awal terjadinya kebakaran kawasan Padang Rumput TNGR itu cerita Apip, dirinya bersama dua orang warga Desa Aik Berik, Sapi’i, Jamuhur dan Lalu Sapardi petugas TNGR, melakukan pendakian untuk mencari titik api. Namun besarnya kobaran api, pekatnya kepulan asap dan angin kencang disertai luasnya padang Rumput yang terbakar, membuat dirinya bersama dua orang rekannya dan petuagas dari TNGR turun ke Pos Pendakian yang berada di dalam kawasan Hutan Lindung TNGR.”Apinya besar, dan Asapnya tebal,  kawasan Padang Rimput yang terbakar juga sangat luas. Namun kebakaran Padang Rumput itu tidak sampai ke kawasan Hutan Cemara dan Hutan Lindung,” ungkapnya.
Apip menduga, kebakaran Padang Rumput di bawah Pelawangan Elong Kedie dan Gunung Kondok Rute Pendakian Lombok Tengah itu disebabkan faktor cuaca panas yang mengakibatkan mengeringnya rumput di kawasan Ladang Ruput TNGR.”Kalau karena faktor kelalaian atauapun kesengajaan Manusia, sangat tidak mungkin, karena pasca Gempa pada awal Bulan Agustus sampai dengan sekarang semua rute pendakian termasuk rute pendakian Lombok Tengah masih ditutup dan belum ada warga maupun wisatawan yang berani mendaki,” tuturnya.
Untuk memastikan apakah kebakaran di kawasan Padang Rumput TNGR itu masih terjadi atau sudah padam, kata Apip, dirinya bersama warga dan petugas TNGR akan kembali melakukan pendakian menuju pelawangan Elong Kedie dan Gunung Kondok TNGR.” Besok (Senin,15/10) kami akan naik lagi ke pelawangan untuk melihat apakah api masih menyala atau sudah padam,” ujarnya. [slNews.com – rul].

No Responses

Tinggalkan Balasan