Warga di Dua Desa di Kecamatan Praya Timur Saling Klaim Kepemilikan Lahan

Warga di Dua Desa di Kecamatan Praya Timur Saling Klaim Kepemilikan Lahan

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Sengketa lahan antara dua warga di Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni antara Warga Desa Semoyang dengan warga Desa Bilelando, kembali memanas, Sabtu, (8/12/2018)
Puluhan warga dari Desa Semoyang sekitar Pukul 10.00 Wita mendatangi lokasi lahan yang selama ini disengketakan dengan warga Desa Bilelando.
Lahan yang disegketakan itu berada di Bukit Kelongkok, Dusun Kelongkong, Desa Bilelando.
Setibanya dilokasi lahan yang jadi obyek Sengketa itu, warga dari Desa Semoyang, langsung melakukan pembersihan lahan dan membakar pohon Kelapa yang ada di Bukit Kelongkong.
Aksi warga Desa Semoyang yang mendapat mengawalan dan penjagaan dari aparat Kepolisian Polsek Praya Timur dan Polres Lombok Tengah itu berjalan aman.
Informasi yang diterima SuaraLombokNews.com, warga Desa Semoyang mengklaim lahan seluas kurang lebih 80 hektar yang berada di wilayah Desa Bilelando itu merupakan hak milik dan digarap oleh warga Desa Semoyang dari tahun 1979.
Nanum pada Tahun 1990, warga Desa Semoyang yang menggarap lahan yang berada di Bukit Kelongkong, Dusun Kelongkong, Desa Bilelando itu meninggalkan lahan tersebut, karena terjadi serangan wabah penyakit.
Tidak ingin persoalan lahan itu terus berjalanjut, warga Desa Semoyang pun meminta kepada Pemerintah Kecamatan Praya Timur dan Kabupaten Lombok Tengah untuk mempertemukan kedua belah pihak warga, dengan menghadirkan para mantan kepala Desa Bilelando termasuk warga Desa Bilelando yang mengklaim kepemilikan lahan tersebut.
Menanggapi persoalan saling klaim kepemilikan lahan antara warga Desa Semoyang dengan warga Desa Bilelando itu, Plt. Camat Praya Timur, Murdi AP telah menjadwalkan untuk mempertemukan para pihak dari dua Desa yang saling mengklaim kepemilikan lahan di Bukit Kelongkong, Dusun Kelongkong, Desa Bilelando tersebut.
Kedua belah pihak warga dari Dua Desa di Kecamtan Praya Timur yang saling mengklaim kepemilikan lahan itu akan dipertemukan di Ruang Rapat Tastura I Kantor Bupati Lombok Tengah.” Hari Senin akan kami panggil para pihak di Tastura 1,” ujar Murdi AP. [slNews.com – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan