Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Wapres Terpilih KH. Ma’ruf Amin Buka Rakernas V MUI 2019 di KEK Mandalika Kuta

Wapres Terpilih KH. Ma’ruf Amin Buka Rakernas V MUI 2019 di KEK Mandalika Kuta
Ketum Dewan MUI sekaligus Wapres RI Terpilih KH. Ma'ruf Amin melantik pengurus Ganas Annar Kabupaten/Kota se NTB dan Dewan Syariah Nasional Perwakilan NTB usai membuka Rakernas V MUI Tahun 2019 di Masjid Nurul Bilad KEK Mandalika Kuta, di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Jumat (11/10/2019)

SUARALOMBOKNEWS | Ketua Umum (Ketum) Dewan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus Wakil Presiden (Wapres) RI Terpilih, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin resmi membuka Rapat Kerja Nasioal (Rakernas) V MUI yang digelar di pelataran Masjid Nurul Bilad Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat sore (11/10/2019).
Sejumlah isu Strategis akan dibahas pada Rakernas V MUI dengan tema “Meneguhkan Islam Wasathiyah Untuk Membangun Peradaban Indonesia”, salah satunya terkait dengan status Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin selaku Ketua Umum MUI periode 2015-2020 yang akan dilantik sebagai Wapres RI pada tanggal 20 Oktober 2019 mendatang.
Selain itu juga akan dibahas terkait dengan perkembangan bangsa kekinian yang nantinya akan dibahasan oleh enam komisi yang ada di Rakernas MUI Tahun 2019.”Rakernas merupakan Agenda Tahunan untuk mem bahas program kerka yang sudah dilaksanaka. Rakernas merupakan Forum tertinggi di MUI yang juga membahas program – program kerja yang akan dilaksaaka tahun kepan,”kata Ketum Dewan MUI, KH. Ma’ruf Amin dalam pidato pembukaan Rakernas V MUI tahun 2019.
Melalui Rakernas V MUI Tahun 2019, KH. Ma’ruf Amin berharap mampu menghasilkan program – program yang berguna bagi Umat.
Menurut KH. Ma’ruf Amin, Rakernas juga menjadi forum evaluasi atas pelaksanaan program kerja setahun terakhir serta situasi dan kondisi MUI secara keseluruhan mulai dari tingkat pusat hingga Daerah. Dengan evaluasi yang Obyektif, konstruktif dan kritis MUI dapat mengetahui secara tepat situasi dan kondisi Organisasi, serta mampu melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada pasca Rakernas secara sistematis.” Dari hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang dilakukan beberapa bulan terakhir dapat disimpulkan telah terjadi peningkatan di semua katagori, dan itu menandakan standar MUI bisa diratakan dari Pusat sampai daerah,” ucapnya
KH. Ma’ruf Amin mengungkapkan, dari waktu ke waktu Kinerja MUI dari tingkat pusat hingga ke Daerah mengalami peningkatan.” Namun buka berarti tanpa kekurangan. Untuk itu harus dilakukan perbaikan – perbaikan dan evaluasi secara terus menerus, sehingga kedepan Kinerja MUI lebih baik dan semakin meningkat,” ujarnya
Usai membuka Rakernas V MUI Tahun 2019, KH. Ma’ruf Amin melantik pimpinan daerah Ganas Annar (Gerakan Nasional Anti Narkoba) Kabupaten/Kota se NTB dan melantik Dewan Syariah Nasional untuk perwakilan NTB.
Rakernas kali ini merupakan rakernas terakhir Dewan Pimpinan MUI periode 2015-2020. Peserta Rakernas terdiri dari Pimpinan Harian MUI Pusat, Pimpinan Dewan Pertimbangan MUI Pusat, perwakilan komisi atau lembaga di lingkungan DP MUI Pusat, perwakilan MUI Provinsi se-Indonesia yang dilengkapi dengan perwakilan MUI Kabupaten/Kota se-NTB.
Jumlah peserta sebanyak 289 orang. Para peserta akan membahas materi-materi dalam tiga komisi. Komisi A adalah organisasi, Komisi B adalah program kerja prioritas, dan Komisi C yaitu rekomendasi dan tausiyah untuk kemajuan umat dan kesejahteraan bangsa.
Selain dihadiri para tokoh agama, dan masyarakat, Rakernas V MUI Tahun 2019 juga dihadiri langsung oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Bupati Lombok Tengah, HM. Suhaili FT, SH, Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri, S.IP, jajaran Forkompinda NTB dan Lombok Tengah, serta para kepada OPD Lingkup Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Tengah. [slNEWS – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan