Terkonfirmasi Positif Covid-19, 6 Orang Klaster Gowa Langsung Menjalani Observasi di Ruang Isolasi RSUD Praya

Terkonfirmasi Positif Covid-19, 6 Orang Klaster Gowa Langsung Menjalani Observasi di Ruang Isolasi RSUD Praya
Humas Tim Siaga Covid-19 RSUD Praya, Lombok Tengah, dr. Yudha Permana SpDV.

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | Setelah terkonfirmasih Positif Virus Corona atau Covid-19 yang diumumkan oleh Gugu Tugas Covid-19 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Tanggal, 19 April 2020. 6 orang Masyarakat Lombok Tengah yang sempat mengikuti Tabligh Akbar  di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan atau yang disebut Klaster Gowa langsung dibawa dari lokasi Karantina di eks Kantor Bupati Lombok Tengah menuju  Ruang Isolasi Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya, Lombok Tengah untuk menjalani Observasi, pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.”Masuk RS (rumah sakit) kita Observasi dulu,” kata Humas Siaga Covid-19 RSUD Praya, Lombok Tengah, dr. Yudha Permana, SpDV, Minggu malam, (19/04/2020).
6 orang Klaster Gowa asal Lombok Tengah yang terkonfirmasi Positif Covid-19 yakni :
1. Pasien nomor 67, an. Tn. LD, laki-laki, usia 61 tahun, penduduk Desa Bunut Baok, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.
2. Pasien nomor 68, an. Tn. H, laki-laki, usia 64 tahun, penduduk Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.
3. Pasien nomor 69, an. Tn. MIS, laki-laki, usia 37 tahun, penduduk Desa Mantang, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan  ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.
4. Pasien nomor 70, an. Tn. N, laki-laki, usia 20 tahun, penduduk Desa Sepakek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.
5. Pasien nomor 71, an. Tn. A, laki-laki, usia 38 tahun, penduduk desa Tanak Beak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.
6. Pasien nomor 72, an. Tn. M, laki-laki, usia 59 tahun, penduduk Kelurahan Praya, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Pasien Pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Tengah dan dalam keadaan baik.”Yang jelas 3 diantaranya usia tua, kemungkinan besar akan kita periksa dengan teliti dan dirawat,”ungkap dr. Yudha
Dengan telah terkonfirmasi Positif Covid-19 kata dr. Yudha, keenam Klaster Gowa asal Lombok Tengah tersebut naik status menjadi ke Konfirmasi Positif Covid-19.”Awalnya semua adalah PPTG (pelaku perjalanan tanpa gejala), sebagian jadi ODP (orang dalam pemantauan). Setelah Swab positif berarti menjadi kasus konfirm Positif Covid-19. Jadi sudah bukan ODP dan PDP lag tapi kasus Konfirm Positif Covid-19,”katanya
dr. Yudha menjelaskan, selama berada di ruang Isolasi Covid-19 RSUD Praya, keenam orang Klaster Gowa yang terkonfirmasi Positif Covid-19 tersebut perkembangan kesehatannya akan diawasi dan dipantau secara teliti.”Nah jika kasusnya sudah positif, kita melihat gejala, apakah tanpa gejala, ringan, sedang, atau berat,”jelasnya
dr. Yudha menegaskan, Tim Siaga Covid-19 RSUD Praya sangat siap untuk menangani dan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang terkonfirmasi Positif Covid-19.”InsyaAllah kami sangat siap, karena kami sudah mempersiapkan semuanyanya dengan baik jauh hari sebelum ada warga yang terkonfirmasi Covid-19,”ujarnya. [slNEWS – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan