Tekan Angka TPT, Pemkab. Lombok Barat Gelar Job Fair

Tekan Angka TPT, Pemkab. Lombok Barat Gelar Job Fair

SUARALOMBOKNEWS.COM – LOMBOK BARAT | Pemkab. Lombok Barat  melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) bekerja sama dengan Dirjen Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Tenaga Kerja RI menggelar kegiatan pameran Kesempatan Kerja  atau Job Fair.

Kegiatan tersebut berlangsung di Bencingah Agung kantor Bupati Lombok Barat di Giri Menang – Gerung, Rabu (21/3) pagi.

Pameran Job Fair, dihajatkan selain untuk memenuhi kesempatan kerja, tapi juga dalam rangka mengurangi angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di daerah Patut Patuh Patju yang berkisar pada angka 3,20 persen.

Pjs. Bupati Lombok Barat melalui Staf Ahli Bidang Perekonomian dan SDM, H. Mahyudin menyatakan, pelaksanaan Job Fair ini menjadi sangat strategis dalam rangka memenuhi amanat UUD 1945 bahwa tiap-tiap WNI berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Terlepas dari itu, Mahyudin berharap kegiatan Job Fair ini agar digaungkan hingga ke pelosok desa.“Maksudnya agar semua pencari kerja itu tahu hari ini dan besok ada semacam forum untuk mencari lowongan kerja,” kata Mahyudin.

Mahyudin menekankan,  jika pihak Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI berkenan membuat schedule Job fair, maka pihak Pemda  telah siap untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan penampung tenaga kerja. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat Lombok Barat terus meningkat.“Intinya, pihak Pemda akan memberikan kemudahan dalam berinvestasi dalam membuka lapangan pekerjaan,” ucapnya.

Perwakilan Dirjen Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kemnaker RI, Selviana mengatakan pihaknya memberikan apresiasi terhadap kegiatan Job Fair ini. Tujuannya cukup trategis dalam rangka mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan pemberi kerja.

Harapannya, para pencari kerja dapat meraih pekerjaan sesuai bakat, minat dan kompetensi yang dimiliki. Demikian pula dengan pihak perusahaan, dapat memperoleh tanaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan.

Di tempat yang sama, Kepala Disnaker Lombok Barat melalui Kasi Informasi Pasar Kerja dan Bursa Kerja, Junihardy menyatakan, TPT Lobar masih berada di atas Provinsi NTB. Dalam kegiatan Job Fair ini, perusahaan yang hadir siap menampung pencari kerja sebanyak 15 perusahaan ditambah dari pihak Kemenaker terkait dengan Informasi Data Ketenagakerjaan.“Dari 15 perusahaan ini, memiliki lowongan pekerjaan 4-8 posisi dengan tenaga kerja yang dibutuhkan berpariatif. Minimal per satu lowongan itu mencapai 11-20 orang,” jelasnya.

Dijelaskan Junihardy, pihaknya sudah menerima pendaftaran pencari kerja (pencaker) melalui online sebanyak 870 orang. Diharapkan, melalui Job Fair ini bisa menutup angka TPT di Lombok Barat. Terkait dengan harapan itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi, sehingga angka TPT Lombok Barat yang berkisar pada 3,20 persen. “Dalam Job Fair ini, kita targetkan 500 orang di semua perusahaan,” ujarnya. (slNews – miq).

No Responses

Tinggalkan Balasan