Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tandatangani Kontrak Kerja, P3MD Diminta Sukseskan Pembangunan di Desa

Tandatangani Kontrak Kerja, P3MD Diminta Sukseskan Pembangunan di Desa

SUARALOMBOKNEWS.com – Lombok Tengah | Puluhan petugas Tenaga Ahli, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan Operator Komputer Kabupaten (P3MD) di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menandatangani Kontrak Kerja Tahun 2019, Rabu (30/1/2019).
Penandatanganan Kontrak Kerja P3MD yang dilaksanakan di Pendopo Wakil Bupati Lombok Tengah itu dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah, Wakil Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Tengah, Jalaludin, sejumlah Kepala SKPD Lingkup Pemkab Lombok Tengah, serta Kepala Desa dan puluhan tenaga P3MD.
Dalam sambutantannya, Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, Lombok Tengah merupakan salah satu Kabupaten penyeimbang penurunan angka kemiskinan di NTB.” Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah penyumbang paling besar jumlah penurunan Angka Kemiskinan di NTB, untuk diketahui untuk menurunkan angka kemiskinan 1,4 persen per tahun itu tidak gampang, perlu upaya dan langkah – langkah nyata,”ungkapnya
Menurut Hj. Siti Rohmi, ujung tombak pembangunan berada di tingkat paling bawah yakni di Desa/Kelurahan.
Untuk itu, lanjut Hj. Siti Rohmi, Pemkab dan Pemkot harus mengimbangi dan mensukseskan pembangunan yang ada di NTB, sehingga penurunan angka kemiskinan di NTB bisa tercapai sesuai dengan harapan dan target yang telah ditentukan.” Kita tidak bisa bekerja sendiri -sendiri. Ada Dana Desa (DD) untuk pembangunan di Desa, sehingga Kesejahteraan Masyarakat di Desa meningkat dan Desa semakin maju. Untuk itu semua pihak, mulai dari Pemprov, Pemkab dan Pemdes harus saling bersinergi,”tegasnya.
Hj. Siti Rohmi menghimbau kepada para Kepala Desa (Kades) untuk menggunakan dan mengelola ADD dan DD dengan baik dan sesuai dengan aturan. Terlebih lagi program pembangunan di Desa yang sumber anggarannya dari DD tidak hannya dalam bentuk Fisik, melainkan juga dalam bentuk pemberdayaan, pembinaan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).” Pelatihan dan pemberdayaan Masyarakat di Desa harus terus ditingkatkan, Desa juga harus melek teknologi, dan di bidang kesehatan, Polindes harus diperhatikan, sehingga kualitas kesehatan masyarakat di Desa semakin baik,” ujarnya.
Ditempat yang sama, Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri, S. Ip berharap dengan telah ditandatanganinya Kontrak Kerja petugas P3MD, pelaksanaan pembangunan di tingkat Desa bisa berjalan dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan Peraturan per Undang – Undnagan yang berlaku, sehingga pembangunan di Desa itu manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.”Kami berharap dengan adanya petugas P3MD, pembangunan di Desa berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa,” harapnya.
Saat ini kata H. Lalu Pathul, sejumlah program pembangunan tengah dikerjakan Pemkab Lombok Tengah, diantaranya, pembangunan Pasar Jelojok di Kecamatan Kopag, Kantor Bupati, dan pembangunan sejumlah Hotel berbintang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta, di Desa Kuta, Kecamatan Pujut oleh PT. ITDC, serta sejumlah program pembangunan lainnya.” Semua itu untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Untuk itu Pemdes juga harus mampu menggali potensi yang ada di masing – masing Desa,”pesannya. [slNews.com – erwin].

No Responses

Tinggalkan Balasan