Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Soal Lahan KEK Mandalika Kuta, Warga Tiga Desa Akan Gelar Aksi Demo

Soal Lahan KEK Mandalika Kuta, Warga Tiga Desa Akan Gelar Aksi Demo

( LALU SRIJANIM )

Lombok Tengah, suaralombokNEWS.com | Warga dari tiga Desa di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, yakni Desa Rembitan, Sukadana dan Desa Pengengat, akan menggelar aksi demo besar – besaran ke Kantor PT. Indonesian Tourism Devlopmen Corforation (ITDC) di depan Lombok Internasional Airport (LIA) Desa Tanak Awu, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Kegiatan aksi demo terkait dengan persoalan penyelesaian Lahan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta itu akan digelar pada hari Senin, (5/6/2017). “ Besok (senin – red) kami warga dari tiga Desa, akan menggelar Aksi Demo ke PT. ITDC dan ke Kantor Gubernur,” terang Koordinator Umum Aksi Demo warga Tiga Desa, Lalu Srijanim, Minggu, (4/6/2017).

Lalu Srijanim menyebutkan, jumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Desa Rembitan, Sukadana dan Desa Pengengat itu kurang lebih sekitar 1000 orang. Direncanakan ribuan massa dari tiga Desa itu akan mendatangi Kantor PT. ITDC, selanjutnya akan bergerak menuju Kantor Gubernur NTB.” Jumlahnya sekitar 1000 orang. Nanti kami lihat, apakah cukup dengan aksi di Kantor ITDC atau langsung ke Kantor Gubernur,” ucapnya.

Menurut Lalu Srijanim, digelarnya aksi Demo itu, tujuannya tidak lain untuk menuntut keadilan, karena selama proses penyelesaian lahan KEK Mandalika Kuta, warga merasa diperlakukan tidak adil, dan merasa hak – hak masyarakat selaku penggarap atau pemilik lahan KEK Mandalika Kuta dirampas.” Kami hannya ingin diperlakukan adil, karena lahan itu hak kami dari nenek moyang kami. Mungkin denan aksi demo, jeritan dan tangisan kami bisa didengar, dan supaya persoalan lahan KEK Mandalika itu menjadi terang benerang,” katanya.

Lalu Srijanim mengaku, digelarnya aksi demo itu bukan berarti masyarakat tidak mendukung Pengembangan dan Pembangunan KEK Mandalika Kuta oleh Pemerintah Pusat melalui PT. ITDC, melainkan aksi demo itu merupakan salah satu bentuk dukungan masyarakat kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini PT. ITDC.” Kami tidak membenci atau mau menghalang – halangi pembangunan di KEK Mandalika, justru kami sangat senang karena pembangunan inilah yang kami harapkan dan yang kami nanti – nantikan. Yang kami persoalkan adalah cara – cara penyelesaian Lahan KEK ini, jangan sampai ITDC jatuh kelubang yang sama, karena dari Zaman LTDC sampai dengan ITDC, persoalan lahan di KEK Mandalika selalu bermasalah, karena salah bayar dan tidak sesuai dengan yang dibayar,” ungkapnya.

Dalam aksi demo itu, warga dari tiga Desa juga akan membawa dan menunjukkan bukti – bukti sah kepemilikan tanah kepada PT. ITDC dan kepada Tim Percepatan Pembangunan KEK Mandalika Kuta.”Semua data dan dokumen lahan akan kami tujukkan,  supaya  semuanya tahu dan persoalan lahan ini menjadi terang benerang,” ujar Lalu Srijanim. (slNEWS.com – rul)

No Responses

Tinggalkan Balasan