Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Lombok Tengah 2018

Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Lombok Tengah  2018

SUARALOMBOKNEWS.COM – LOMBOK TENGAH | Pesta Lowongan Kesempatan Kerja atau Job Fair 2018 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah berlangsung semarak.

Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, Senin, (26/3/2018) secara resmi dibuka Plt. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, S.Ip.

Job Fair 2018 kali ini ada 34 Perusahaan yang dilibatkan dengan kebutuhan tenaga kerja mencapai 4.100 orang tenaga kerja.

Dihadiri pertama  Job Fair 2018 yang dibuka dari Pukul 08.00 Wita di halaman Disnakertrans Lombok Tengah itu dibanjiri ribuan Pencari Kerja.

Dalam sambutannya, Kadisnakertrans Lombok Tengah H. Masrun mengatakan, kegiatan Job Fair 2018 ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Pemkab. Lombok Tengah, dan kegiatan Job Fair yang merupakan kerjasama antara Pemkab. Lombok Tengah dengan Pemrov. NTB  ini melibatkan 34 Perusahaan yang terdiri dari sektor Perbankan, Perhotelan, Rumah Sakit dan sektor lainnya.” Ada 34 Perusahaan yang dilibatkan dengan kebutuhan tenaga kerja sebanyak 4.100 orang tenaga kerja, contonya Klinik Cahaya Media membuka 25 lowongan kerja, ada Pegadaian Syariah dengan 10 lowongan kerja, dan perusahaan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu Plt. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri dalam sambutannya mengatakan, Job Fair 2018 bertujuan untuk  menjembatani antara pencari kerja dengan perusahaan atau instansi yang membutuhkan tenaga kerja. Pesta Lowongan Kesempatan Kerja ini dalam rangka memfasilitasi para pencari kerja untuk memperoleh Informasi Lowongan Kerja yang sesuai minat, bakat, dan kemampuan serta membantu Perusahaan mendapatkan tenaga yang tranpil dan Profesional. Ini  merupakan komitmen pemerintah untuk menjembatani pencari kerja dengan perusahaan. Dengan harapan angka pengangguran dan kemiskinan di Lombok Tengah bisa terus ditekan,” katanya.

Selain itu kata Lalu Pathul, kegiatan Job Fair juga bisa mengurangi angka pengangguran di Lombok Tengah khususnya. Mengingat hal ini merupakan isu strategis dalam pembangunan, yang bisa memicu kemunculan permasalahan lain. Seperti sosial kemasyarakatan, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. “Ini salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan. Kali ini ada 4.100 orang tenaga kerja yang dibutuhkan, kalau semuanya terserap, dikalikan dua atau tiga,  hasilnya ada ribuan yang  bisa di sejahterakan,”ungkapnya.

Menurut Lalu Pathul salah satu solusi mengurangi angka pengangguran adalah menyesuaikan keterampilan dan kompetensi tenaga kerja dengan pasar kerja. tidak sesuainya standar kualitas keterampilan dan kompetensi kerja kerap mengakibatkan calon tenaga kerja sulit menembus lowongan-lowongan yang disediakan pasar kerja dan industri di Tanah Air.“Kondisi saat ini adalah masih tidak terkoneksinya kebutuhan perusahaan dengan keinginan para pencari kerja. Terkadang, lowongan banyak namun pencari kerjanya terbatas; atau sebaliknya, lapangan kerja terbatas tetapi pencari kerjanya banyak. Melalui Job Fair ini semuanya terkoneksi antara yang membutuhkan dan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Begitu acara pembukaan selesai, ribuan pencari kerja yang sudah berkumpul di halaman  kantor Disnakertrans langsung merangsek masuk. Mereka langsung menyerbu stan yang tersedia untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai lowongan kerja apa saja yang tersedia. (slNews – rul).

No Responses

Tinggalkan Balasan