Peringati Hari Juang Kartika 2016, Kodim 1620/Loteng Gelar Karya Bhakti

Peringati Hari Juang Kartika 2016, Kodim 1620/Loteng  Gelar Karya Bhakti

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2016, anggota  Tentara Nasional Indonesi (TNI) Kodim 1620/Lombok Tengah (Loteng) menggelar Karya Bhakti dan Bhakti Sosial.

Kegiatan sejumlah anggota TNI Kodim 1620/Loteng ini  diantaranya membantu pembangunan Masjid Nurul Huda Kelurahan Renteng Kecamatan Praya Loteng, Jum’at, (9/12/2016) lalu.

Hari Juang Kartika TNI-AD adalah tanggal khusus yang khusus diperingati untuk mengenang Pertempuran Ambarawa.  Sebelumnya bernama Hari Infanteri.  Jenderal Soedirman sebagai pemimpin pasukan menegaskan perlunya mengusir tentara sekutu dari Ambarawa secepat mungkin. Sebab sekutu akan menjadikan Ambarawa sebagai basis kekuatan untuk merebut Jawa Tengah.

Dengan semboyan ”Rawe-rawe rantas malang-malang putung, patah tumbuh hilang berganti”,pasukan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) memiliki tekad bulat membebaskan Ambarawa atau dengan pilihan lain gugur di pangkuan ibu pertiwi. Pertempuran berakhir dengan kemenangan gemilang dari TKR. Benteng pertahanan sekutu yang tangguh berhasil direbut pasukan TKR.“ Dalam catattn sejarah, kemenangan pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 dan keberhasilan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini kemudian diabadikan dalam bentuk monument Palagan Ambarawa. TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri,”kata Komandan Kodim (Dandim) 1620/Loteng Letkol. Inf. Is Abul Rasi, SE.

Kegiatan membantu pembangunan Masjid Nurul Huda Kelurahan Renteng Kecamatan Praya Loteng, merupakan salah satu dari rangkaian menyambut Peringatan Hari Juang Kartika ke-71 Tahun 2016, yang melibatkan 35 orang  Prajurit TNI Kodim 1620/Loteng, dan 65 orang dari unsur masyarakat sekitar, yang dilaksanakan secara  bergotong-royong.

Selain membantu pembangunan Masjid Nurul Huda Kelurahan Renteng Kecamatan Praya Loteng, juga dilaksanakan Operasi Katarak di RST Mataram, kepada  17 orang warga miskin, yang direncananya akan  dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2016 mendatang.” “Ini merupakan salah satu Serbuan Teritorial yang dilaksanakan oleh TNI AD, sehingga terjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat, ujar Letkol. Inf. Is Abul Rasi. |rul

No Responses

Tinggalkan Balasan