Perangkat Info Gempa Generasi Terbaru Akan Dipasang di Kantor Bupati Lombok Tengah dan di KEK The Mandalika

Perangkat Info Gempa Generasi Terbaru Akan Dipasang di Kantor Bupati Lombok Tengah dan di KEK The Mandalika
Plt Pelaksana BPBD Lombok Tengah, Murdi AP menunjukan Perangkat Diseminasi Info Gempa WRSnG (Warning Receiver System New Generation) bantuan dari BMKG di Kantor Bupati Lombok Tengah, NTB, Sabtu (13/06/2020).

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menginstalasi Perangkat Diseminasi Info Gempa WRSnG (Warning Receiver System New Generation) di Gedung Kantor Bupati Lombok Tengah.
Selain di Gedung Kantor Bupati Lombok Tengah, alat penerima peringatan gempa generasi baru bantuan dari BMKG itu juga akan di Instal di Kantor PT. ITDC di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.”WRSnG (Warning Receiver akan kami instalasi di Kantor Bupati Lombok Tengah dan di Kantor ITDC KEK Mandalika.
Alat ini merupakan Perangkat Diseminasi Info Gempa dan Peralatan baru ini merupakan karya anak bangsa yaitu hasil inovasi generasi milenial BMKG,”kata Plt Pelaksana BPBD Lombok Tengah, Murdi AP, Sabtu (13/06/2020).
Pria yang juga menjabat Staf Ahli Bupati Lombok Tengah Bidang Hukum, Politik dan Pemerintah itu menjelaskan, alat WRSnG karya anak Bangsa itu mampu memberikan informasi lebih cepat.”Jadi generasi baru WRS ini di Display Touchsreen 55 inci ada peta Indonesia. Saat ada gempa maka secara interaktif dan realtime terlihat penjalaran gelombang gempanya. Pada menit kedua sudah diketahui di mana pusat gempa dan kekuatan gempanya di layar sebelah kiri,” jelas Murdi
Secara real time, kata Murdi mesikipun epicenter/pusat gempa dan magnitudo belum stabil di menit-menit awal (satu sampai dua menit pertama), alat ini dapat membantu BMKG memberikan info resmi di menit keempat-kelima.
Info ini, walaupun magnitudo belum pasti, dapat digunakan oleh BPBD untuk menyiarkan langsung mengenai info gempa dan dapat langsung mengambil langkah-langkah mitigasi bencana.“Langkah terobosan ini untuk menjawab tantangan BMKG memberikan informasi yang cepat, tepat, akurat, luas jangkauannya dan mudah dipahami,”ujarnya. [slNews – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan