Pencanangan #GISA di NTB Digelar di Lombok Tengah, Ribuan Warga Serbu Stand KTP – el

Pencanangan #GISA di NTB Digelar di Lombok Tengah, Ribuan Warga Serbu Stand KTP – el

SUARALOMBOKNEWS.COM – LOMBOK TENGAH | Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Zudan Arif Fakrulloh, membuka Pencanangan GISA ( Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan ) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (14/5/2018).

Kegiatan Pencanangan #GISA Tingkat Provinsi NTB dipusatkan di Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Bencingah Adi Guna Alun – alun Tastura, Praya, Lombok Tengah.

Kedatangan Dirjen Dukcapil  disambut Gubernur  NTB yang diwakili Asisten Tata Pemerintah dan Kesra NTB, H.Muhammad Agus Patria , Ptl. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, Kepala Disdukcapil Kabupaten/Kota se – NTB dan sejumlah Pejabat Pemrov. NTB dengan diiringi lantunan dan atrasi Musik Tradisional Lombok Gendang Beleq.

Selain di hadiri jajaran Disdukcapil  kabupaten/Kota se – NTN, Pencanangan #GISA juga di hadiri sejumlah Bupati /Wali Kota se – NTB, salah satunya Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) H. Najmul Akhyar.

Dalam sambutannya selaku Ketua Panitia Pencanangan #GISA, Kepala

DPMD dan Dukcapil Provinsi NTB, Azhar menyampaikan, Pencanangan #GISA tingkat Provinsi NTB  sasarannya untuk seluruh  masyarakat Indonesia yang belum melakukan Perekaman KTP – el atau KTP Elektronik, dan khususnya kepada masyarakat NTB.

Dalam kesempatan tersebut, Azhar mengungkapkan, Pencanangan GISA Tingkat Prov. NTB ditandai dengan pelayanan penerbitan Adminduk secara Geratis selama tiga hari berturut, yakni dari Tanggal 14 – 16 Mei 2018, di Bencingah Adi Guna Alun – alun Tastura, Praya, Lombok Tengah.”Pelayanan Adminduk , seperti KTP – el, Daftar, Rekam,  langsung Jadi,” ujarnya.

Selaku tuan rumah pelaksanaan Pencanangan #GISA tingkat Prov. NTB, Pemkab. Lombok Tengah menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya dan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memilih Bumi Tatas Tuhu Trasna sebagai Lokasi pelaksanaan Pencanangan #GISA.” Atas nama Pemda dan Masyarakat Lombok Tengah saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Kemendagri yang telah memilih Lombok Tengah sebagai lokasi acara Pencanangan #GISA,” ucap Plt. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri dalam sambutannya.

Dihadapan Dirjen Dukcapil, Tamu Undangan dan jajaran Pejabat pemerintah se – NTB, Lalu Pathul Bahri membeberkan kondisi terkini terkait dengan realisasi perekaman dan pencetakan KTP – el di Lombok Tengah. Jumlah Masyarakat Lombok Tengah yang wajib KTP sebanyak  756 786 jiwa dan yang sudah melakukan perekaman yaitu sebanyak 659283 jiwa sementara yang belum melakukan perekaman sebanyak 9363 jiwa.  Adapun KTP-el  yang telah dicetak oleh pemerintah  pusat sebanyak 439851 buah dan yang dicetak di Lombok Tengah sebanyak 18937 KTP-el.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Pemkab Lombok Tengah lanjut L.Pathul Bahri, melakukan pelayanan perekaman KTP – el  dengan berkeliling ke seluruh Desa/Kelurahan yang tersebar di 12 Kecamatan se – Lombok Tengah.”Kendala yang  sering  kami alami alat rusak, namun beberapa tahun terakhir kami telah melakukan pengadaan alat dan cukup membantu  Perekaman dan pencetakanKTP – el,”ujar Lalu Pathul.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Zudan Arif Farulloh menyerahkan Blangko KTP – el yang diterima Plt. Bupati Lombok Tengah, menyerahkan KTP – el kepada Masyarakat Usia 17 tahun, Penyerahan Akte Kelahiran, Akte Nikah, Akte Kematian, Kartu Keluarga (KK) kepada perwakilan warga.

Pantauan www.suaralomboknews.com , ribuan masyarakat dari dalam maupun luar Lombok Tengah memadati stand Penerbitan Adminduk.

Distand tersebut, masyarakat diberikan pelayanan secara langsung, salah satu contoh pelayanan KTP – el. Setelah melalui proses perekaman, masyarakat saat itu juga langsung bisa membawa pulang KTP – el.”Awalnya saya pikir acara ini biasa-biasa saja , namun saya terkesan ternyata begitu banyak masyarakat yang hadir disini. Ini luar biasa bagi saya, sangat serius dan kompak,”ucap Direjen Dukcapil Kemendagri RI Zudan Arif Farulloh.

Dengan kekompakan yang saat ini dimiliki NTB kata Zudan Arif Farulloh, Tahun ini NTB bisa berada  pada posisi 10 besar  Nasional sebagai salah satu daerah dengan capaian e-KTP terbaik. Sesuai dengan data nasional yang ada saat ini, pada tahun 2015-2016 NTB berada pada Posisi 20  kebawah.”Tahun Ini  NTB bisa berada di urutan 10 besar Nasional dan Tahun 2019, NTB   mampu menacapai 100 persen,”tuturnya.

Saat ini Kemendagri RI  telah melakukan kebijakan untuk menghapus berbagai macam syarat dalam penerbitan KTP – el  yakni cukup dengan membawa Kartu Keluarga atau KK saja. Hal itu dilakukan karena semakin sempurnanya data base yang saat ini dimiliki. Dimana seluruh data warga sudah masuk dalam data base, sehingga tidak akan terjadi adanya Adminduk yang ganda.”Saat ini pelayanan bukan lagi bertujuan agar masyarakat sejahtera namun bermuara pada agar masyarakat bahagia,”ujar Zudan Arif Farulloh.

Pencanangan #GISA Tingkat Prov. NTB di tandai dengan pemukulan Gendang Beleq oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, bersama Plt. Bupati Lombok Tengah dan Asisten III Pemrov. NTB. (slNews – rul)

No Responses

Tinggalkan Balasan