Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemkab Lombok Tengah Tetapkan Perayaan Lebaran Topat Jadi Event Tahunan

Pemkab Lombok Tengah Tetapkan Perayaan Lebaran Topat Jadi Event Tahunan
Bupati Lombok Tengah, H. Moh Suhaili FT, SH dan Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri, S.Ip menyerahkan santunan secara simbolis kepada 120 Anak Yatim pada Festival Silaturahim Syawal Solah, Soleh, Soloh dalam rangka perayaan Lebaran Topat, di Pantai Kuta, KEK Mandalika Risort, di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB, Rabu (12/6/2019)

SUARALOMBOKNEWS.COM – LOMBOK TENGAH | Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Moh Suhaili FT, SH menetapkan perayaan Lebaran Topat yang dikemas dalam Festival Silaturahim Syawal Solah, Soleh, Soloh menjadi event atau kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.”Selain Event Bau Nyale yang telah ditetapkan menjadi event Nasional, Festival Silaturahim Syawal Solah, Soleh, Soloh dalam rangka Perayaan Lebaran Topat tahun ini kita tetapkan menjadi Event rutin tahunan. Jadi hari apa pun jatuhnya setiap tanggal 8, bulan Syawal kita akan menyelenggaran kegiatan Lebaran Topat.
Ini  juga bisa  diadopsi ataupun diambil oleh Nasional untuk dijadikan Event Nasional,”kata H. Moh Suhaili FT, SH dalam sambutannya pada Festival Silaturahim Syawal Solah, Soleh, Soloh 1440 H yang digelar di Pantai Kuta, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Risort di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Rabu (12/6/2019).
H. Moh Suhaili FT mengungkapkan, latar belakang pelaksanaan Festival Silaturahim Syawal Solah, Soleh, Soloh dalam rangka perayaan Lebaran Topat 1440 H, yakni untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, untuk melestarikan adat dan budaya masyarakat Lombok Tengah, dan untuk menikmati libur Idul Fitri setelah melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan pada Bulan Suci Ramadhan serta sebagai ajang bersilaturahim antara aparat Pemerintah dengan masyarakat dan antara masyarakat dengan masyarakat.” Kegiatan ini juga sebagai ajang Silaturahim untuk menumbuhkembangkan, memelihara, menjaga Persatuan dan Kesatuan, dan menyambung tali persaudaraan kita,”tuturnya
Dalam kesempatan tersebut, H. Moh Suhaili FT menyampaikan Mohon Maaf Lahir Batin kepada seluruh lapisan masyarakat Lombok Tengah.”Atas nama pribadi dan mewakili jajaran pelayanan masyarakat Lombok Tengah dan atas nama keluarga besar masyarakat Lombok Tengah Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin,”ucapnya
Selain dihadiri Bupati Lombok Tengah, H. Moh. Suhaili FT, SH Festival Silaturahim Syawal Solah, Soleh, Soloh 1440 H di KEK Mandalika Risort juga dihadiri Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri, S. Ip, Sekda Lombok Tengah HM. Nursiah, jajaran Forkompinda Lombok Tengah, jajaran PT. ITDC dan PT. AP Lombok Internasional Airport (LIA), para ASN se Lombok Tengah dan perwakilan dari Pemerintah Provinsi NTB.
Festival Silaturahim Syawal Solah, Soleh, Soloh 1440 H yang digelar di Pantai Kuta, KEK Mandalika Risort itu dibanjiri ribuan masyarakat dari dalam dan luar Lombok Tengah.
Selain itu, ribuan wisatawan dalam dan luar negeri juga ikut dan menyaksikan langsung kegiatan Festival Silaturahim Syawal Solah, Soleh, Soloh 1440 H.
Berbagai kegiatan kegamaan, adat dan budaya yang dilaksanakan dalam Kegiatan Festival Silaturahim Syawal Solah, Soleh, Soloh 1440 H, salah satunya Ritual Taubat, Parade Ketupat Agung, parade Dulang Saji, pemberian santunan kepada ratusan anak yatim dan budaya Begibung atau makan bersama dengan menu Topat lengkap dengan lauk khas masyarakat Lombok Tengah . [SLNews – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan