Pemkab. Lombok Tengah Gelar Pencanangan Imunisasi MR

Pemkab. Lombok Tengah Gelar Pencanangan Imunisasi MR

SUARALOMBOKNEWS.COM – LOMBOK TENGAH |
Pemkab. Lombok Tengah menggelar Launching imunisasi Measles Rubella (MR) bagi anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun,  Rabu, (1/8/2018).
Pencanangan Kampanye Imunisasi MR Massal digelar di Lapangan Upacara SMP Negeri 1 Praya,  Kecamatan Praya,  Lombok Tengah,  Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Dalam laporannya,  Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah H. Omdah mengatakan, pemerintah berkomitmen membebaskan anak Indonesia dari ancaman penyakit campak dan rubella atau MR.”Pemerintah mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan eliminasi penyakit campak (measles) dan mengendalikan penyakit rubella serta kecacatan bawaan akibat rubella atau Congenital Rubella Syndrome di Indonesia pada tahun 2020,”katanya.
Oleh karena itu, pemerintah memberikan imunisasi MR tambahan untuk anak usia 9 bulan sampai dengan kurang 15 tahun.
Omdah menjelaskan,  kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, pada bulan Agustus-September 2017 di provinsi-provinsi di Pulau Jawa, dan kedua pada bulan Agustus-September 2018 di seluruh provinsi di luar Pulau Jawa,  salah satunya di Kabupaten Lombok Tengah. “Agar eliminasi campak dan pengendalian rubella dapat terwujud pada tahun 2020, maka kampanye imunisasi MR ini harus mencapai cakupan minimal 95 persen dari sasaran yang harus mendapatkan imunisasi MR,” ungkapnya.
Omdah menjelaskan,  sasaran kampanye Imunisasi massal MR 282. 045 anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun yang tersebar di 814 TK/RA/PAUD,  427 SMP/MT dengan jumlah Posyandu 1.683 dan dengan jumlah tenaga medis yang diterjunkan sebanyak 2.256 orang.”Pelaksanaannya selama dua bulan,  Agustus sasarannya sekolah – sekolah,  dan September sasarannya diluar sekolah,”ujarnya.
Pencanangan Kampanye Imunisasi MR di buka Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili FT,  SH yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan H. Sugonto.
Dalam kesempatan tersebut,  H. Sugonto menyampaikan  sambutan tertulis Bupati Lombok Tengah, yang isinya mengajak seluruh dinas/instansi terkait untuk ikut serta dan terlibat mensukseskan pelaksanaan Pencanangan Kampanye Imunisasi MR.” Seluruh masyarakat juga harus ikut serta mensukseskan Pencanangan Kampanye Imunisasi MR dengan membawa anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun ke Polindes polindes terdekat. Imunisasi MR ini harus diberikan kepada anak – anak kita,  karena Imunisasi MR ini wajib,” ujar H. Sugonto.
Tanda dimulainya Pencanangan Kampanye Imunisasi massal MR,  diberikan Imunisasi MR secara simbolis kepada dua orang siswa SMP Negeri 1 Praya.
Pemberian Imunisasi MR secara simbolis kepada dua orang siswa SMP Negeri 1 Praya oleh petugas Medis itu didampingi Ketua Tim PKK Lombok Tengah Hj. Baiq Irma Suhaili,  FT,  dan Ketua Persit Kodim 1620/Lombok Tengah.
Acara Pencanangan Kampanye Imunisasi MR itu juga dihadiri sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab. Lombok Tengah, dan Ketua MUI Lombok Tengah H. Migra Hamni. [slNews.com – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan