Pemkab Lombok Barat Percepat Pembangunan Bendungan Meninting

Pemkab Lombok Barat Percepat Pembangunan Bendungan Meninting

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Barat |
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) membantu percepatan pembangunan Bendungan Meninting, Lombok Barat, dengan mengalokasikan dana dari APBD Lombok Barat sebesar Rp. 2,3 miliar.
Dana itu akan digunakan untuk pembebasan lahan Bendungan Meninting seluas 95 hektar dari 111 hektar lahan yang dibutuhkan.”Kita sudah menganggarkan Rp.  2,3 Milyar lebih di APBDP untuk Tim Appraisal, namun pengukuran dan pentetapan peta bidang adalah urusan Provinsi dan Kanwil BPN NTB,”ungkap Bupati Lombok Tengah, H. Fauzan Khalid, Senin, (17/12/2018)
H. Fauzan menjelaskan, belum bisa melakukan tender untuk Appraisal, karena masih menunggu BPN menyerahkan Peta Bidang lahan yang akan dibebaskan.”BPN NTB masih dalam proses pengukuran bidang dan lahan, kita belum bisa melakukan tender untuk appraisal. Kita hanya bisa melakukan tender, bila hasil kerja BPN provinsi berupa Peta Bidang sudah kita dapatkan,”jelasnya.
Sampai saat ini, lanjut H.Fauzan, BPN telah melakukan pengukuran terhadap 357 bidang atau 93 Hektar lahan. Selain itu Dinas PUPR bersama Dinas Pertanian Provinsi NTB juga sedang mendata jumlah bangunan dan pohon yang akan terimbas oleh pembangunan satu dari enam belas bendungan yang menjadi proyek strategis nasional itu.
H. Fauzan juga membantah pernyataan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara, Asdin Juliadi yang menganggap Pemkab Lombok Barat lambat melakukan Appresial Bendungan Meninting.”BWS kayak tidak paham saja. Lombok Barat hanya berkewajiban menyediakan biaya operasional pembebasan lahan. Yang bekerja adalah Provinsi, karena lahan yang dibutuhkan di atas 5 hektar. Kecuali didelegasikan,”ujarnya. [slNews.com – luu].

No Responses

Tinggalkan Balasan