Pemdes Mangkung Godok Perdes Krame Adat Desa

Pemdes Mangkung Godok Perdes Krame Adat Desa

Kepala Desa Mangkung Lalu Samsul Rijal”

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Setelah membentuk Lembaga Krame Adat Desa, saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) Mangkung Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah, sedang menggodok rancangan Peraturan Desa (Perdes) Krame Adat Desa.” Krame Adat Desa sudah terbentuk, dan saat ini kami bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mangkung, sedang menggodok rancangan Perdes Krame Adat Desa,” terang Kepala Desa (Kades) Mangkung Lalu Samsul Rijal, S.IP, Senin, (28/11/2016).

Rijal menjelaskan, Perdes tentang Krame Adat Desa itu merupakan payung hukum dan sebagai landasan hukum Lembaga Krame Adat Desa Mangkung dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. “ Perdes ini sebagai payung hukum lembaga Krame Adat Desa,” jelasnya.

Rijal optimis, tahun ini rancangan Perdes tentang Krame Adat Desa itu selesai digodok, dan pada tahun 2017 mendatang rancangan Perdes itu telah ditetapkan menjadi Perdes Krame Adat Desa.” Meskipun sudah memasuki akhir tahun, kami optimis Perdes ini selesai digodok Tahun ini, dan tahun depan sudah disahkan menjadi Perdes tentang Krame Adat Desa,” ucapnya.

Salah satu bentuk keseriusan Pemdes Mangkung mendukung kinerja Lembaga Krame Adat Desa, saat ini telah terbangun megah  Bencingah yang ada di lingkungan Kantor Desa Mangkung.

Di Bencingah Desa itu nantinya Pengurus dan Anggota lembaga Krame Adat Desa akan merumuskan program  kerja, sebagai tempat untuk bermusyawarah, bermufakat, berdiskusi dan sebagai tempat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi ditengah – tengah masyarakat Desa Mangkung.” Sudah ada Bencingah yang kami bangun. Bencingah ini nantinya akan dimanfaatkan Lembaga Krame Adat Desa, selain itu Bencingah ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan – kegiatan Desa, seperti  acara 17 Agustus, dan kegiatan – kegiatan desa lainnya,” ujar Lalu Samsul Rijal. |rul

No Responses

Tinggalkan Balasan