PAW Kades Beleka, Senang Diganti Kasrim

PAW Kades Beleka, Senang Diganti Kasrim

SUARALOMBOKNEWS. COM – Lombok Tengah | Senang Haris melepas jabatanya sebagai Kepala Desa (Kades) Beleka, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah setelah ditetapkan sebagai Calon Legislatif (Caleg).
Untuk mengisi kekosongan jabatan Kades Beleka, Panitia Pemilihan Kades Beleka Pengganti Antar Waktu (PAW) menggelar proses pemilihan PAW Kades Beleka.
Hasilnya, dari dua calon yang dinyatakan lulus persyaratan oleh panitia pemilihan PAW Kades Beleka, Kasrim Usman nomor urut dua terpilih menjadi Kades Beleka menggantikan Senang Haris dengan perolehan 77 suara. Sedangkan lawannya nomor urut satu, Sukron Murdani hanya memperoleh 58 suara.
Setelah terpilih menjadi Kades Beleka melalui PAW, Kasrim akan menjabat Kades Beleka kurang lebih selama 1 tahun dan akan dilantikan pada tanggal, 27 Desember 2018 mendatang bersamaan dengan pelantikan Kades terpilih hasil dari Pilkades Serentak 2018.
Kepada SuaraLombokNews.com, Rabu, (19/12/2018), Pelaksana Tugas (Plt) Camat Pratim, Murdi AP berharap, Kades Beleka terpilih agar melanjutkan program yang sudah tertuang dalam RPJMDes Kades Beleka sebelumnya.
Selain itu, Staf Ahli Bupati Lombok Tengah bidang Hukum dan Politik itu berharap , Kades Beleka terpilih lebih intens menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat desa, BPD dan lainnya dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Sebab, memegang jabatan Kades diera sekarang ini tidaklah mudah. Dengan dana yang dikelola saat ini cukup besar, semua pihak ikut mengawasai keuangan desa. Belum lagi, regulasi selalu berubah-ubah. “Komunikasi dan koordinasi dengan semua elemen masyarakat diutamakan,” saran Murdi
Mekanisme pemilihan Kades PAW kata Murdi, merupakan hasil dari keputusan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Beleka sebelumnya, yang telah diatur dan membolehkan pelaksanaan PAW Kades. PAW dilakukan ketika jabatan Kades devinitif lowong di atas satu tahun sehingga mengakibatkan jabatan Kades dijabat oleh Pjs atau Plt. “Dan alasan lain, Pjs ini staf saya di kecamatan. Otomatis, tidak bisa maksimal untuk melaksanakan tugas kedinasan di kecamatan maupun di Beleka,” ungkapnya.
Sementara Kades terpilih, Kasrim Usman mengatakan, apa yang menjadi kepercayaan masyarakat ini akan diemban dengan baik. Tentu dengan harapan Desa Beleka lebih maju ke depannya. Selain itu, ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama dalam membangun desa. Sebab, menjadi hal mustahil program desa bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat. “Banyak usulan-usulan dan pekerjaan rumah yang masih perlu kerja sama di Beleka sekarang. Salah satu soal pemekaran desa ini,” ujar Kasrim
Sementara Ketua BPD Beleka, H. Ijim Pratama mengatakan, dalam pelaksanaan PAW ini merupakan kesepakatan masyarakat untuk memiliki Kades devinitif dengan sisa masa jabatan sekitar setahun. Tentunya, mekanismenya mempertimbangkan regulasi yang ada. Terutama terkait elemen masyarakat yang memiliki hak suara dalam pemilihan itu. Dengan mempertimbangkan keterwakilan wilayah. Misalnya, dari unsure Kadus, toga, toma dan lainnya. Sehingga, berdasarkan kesepakatan bersama, dari 27 dusun yang ada, masing-masing dusun mengutus 5 orang sebagai perwakilan yang memiliki hak pilih. “Jadi yang memiliki hak pilih ada 135 orang,”ujar Ijim Pratama. [slNews.com – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan