ODP Virus Corona di Lombok Tengah Berkeliaran Bebas

ODP Virus Corona di Lombok Tengah Berkeliaran Bebas
Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H. Omdah
OPD Virus Corona di Lombok Tengah Berkeliaran Bebas

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H. Omdah

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Corona atau Covid-19 berinisial SR, 43 Tahun warga Desa Aik Mual, Kecamatan Praya Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) berkeliaran bebas dan beraktivitas seperti biasanya.
Pantauan suaralomboknews.com, Selasa (07/04/2020) SR terlihat tengah duduk santai bersama temannya di trotoar jalan selatan Masjid Agung Lombok Tengah atau depan Pendopo Wakil Bupati Lombok Tengah sekitar Pukul 12.00 Wita.
SR yang saat itu mengenakan Kaos Oblong, Celana Jeans dan Pet terlihat tengah santai bercekrama dengan temannya tanpa mengenakan Alat Perlindungan Diri (APD) jenis Masker, suaralomboknews.com pun sempat menanyakan alasan SR keluar rumah dari jarak sekitar 6 meter. Namun SR menjawab dengan suara yang tidak jelas sembari tersenyum.
Disebelah barat SR dengan jarak sekitar 6 meter juga ada sejumlah warga dan Wartawan yang tengah duduk santai usai meliput kegiatan Video Conferece Gubernur NTB, Zulkieflimansyah bersama jajaran Forkompimda NTB dengan Bupati Lombok Tengah, H. Moh Suhaili FT, SH, jajaran Forkompimda, Sekda Lombok Tengah, Dr. H. Nursiah, SKPM Lombok Tengah dan Bupati / Walik Kota se NTB, di Pendopo Bupati Lombok Tengah.
Dihuhungi suaralomboknews.com via Handphone, Selasa (07/04) Kepala Desa (Kades) Aik Mual M. Hasyim menyayangkan sikap SR yang keluar rumah dimasa Isolasi Mandiri selama 14 hari.”Kok bisa dia keluar. Saya akan laporkan ke Satgas untuk segera di tangani,”kesalnya
Kekesalan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H. Omdah.”Kenapa dia keluar, semestinya dia menjalani Isolasi Mandiri,”kesal Omdah
Omdah menegaskan akan melaporkan terkait dengan ODP yang berkeliaran diluar dan tidak menjalani Isolasi Mandiri ke Sekda Lombok Tengah, Dr. H. Nursiah selaku Koordinator Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Tengah.
Selain melaporkan ODP berinisial SR, Omdah juga akan berkoordinasi dengan Sekda Lombok Tengah terkait dengan 11 ODP yang kontak erat dengan Pasien Dalam Penanganan (PDP) warga Desa Bagu, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah yang juga tidak patuh melakukan Isolasi Mandiri.”Sekarang saya akan menghadap ke Pak Sekda. Persoalan ini tidak bisa dibiarkan, harus ada sanksi tegas,”ujarnya.
Dalam Kronologi Kontak Erat SR yang di tandatangani oleh Koordinator Survayland PKM Aik Mual, H. Hasrul Hakim pada Tanggal, 4 April 2020.
1. Almarhum, J terkonfirmasi Positif Covid-19, memiliki kontak erat dengan D.
2. D saat ini sedang di Isolasi di RSUP MTR dengan Status PDP.
3. Satu minggu sebelum dirawat (Sekitar tanggal, 28 Maret 2020) D memiliki Riwayat kontak erat dengan SR (Aik Mual), B (Batu Nyala), K (Truwai) dan F (Rumak Lombok Barat).
4. Surveylans Tracking dilakukan terhadap SR (Aik Mual) pada Jumat, 3 April 2020.
5. Hasil dari ST sudah dilaporkan ke Satgas Covid-19 Lombok Tengah dan menunggu hasil dari Satgas untuk dilakukan pemeriksaan Trapid Tes dirumah SR.
6. Saat ini SR berstatus “Kontak Erat Dengan (OTG/Orang Tanpa Gejala) dan sedang menjalani Karantina Mandiri terhitung 4 April sampai dengan 18 April 2020 dan bisa diperpanjang tergantung Situasinya. [slNEWS – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan