Narapidana di Rutan Kelas II B Praya Rekam e-KTP

Narapidana di Rutan Kelas II B Praya Rekam e-KTP

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Lombok Tengah melakukan perekaman data kependudukan untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) terhadap warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II-B Praya, Lombok Tengah, Sabtu (29/12/2018)
Perekaman tersebut dilakukan untuk melindungi hak pilih para Narapidana di Rutan kelas II B Praya pada Pemilu 2019.”Ini juga bagian untuk mensukseskan Pemilu serentak 2019, sehingga tidak ada lagi Narapidana yang kehilangan hak pilihnya pada Pemilu 2019, dan supaya mereka tidak terlupakan,”terang Kadisdukcapil Lombok Tengah Baiq Anita Nindiana, usai memantau pelaksanaan perekaman data e-KTP di Rutan Praya, Lombok Tengah, Sabtu, (29/12/2018).
Menurut Anita, perekaman akan dilaksanakan sampai dengan seluruh Narapidana di Rutan Kelas II B Praya telah melakukan Perekaman data E – KTP.”Baru dimulai saja, sudah ada 4 Narapidana yag melakukan Perekaman. Target kami seluruh Narapidana melakukan perekaman, sehingga tidak ada lagi masyarakat Lombok Tengah yang tidak memiliki e-KTP,” ucapnya
Anita menjelaskan, para Narapidana yang melakukan perekaman data e-KTP diwajibkan menyodorkan sejumlah persyaratan, diantaranya Kartu Keluarga (KK).”Narapidana yang tidak membawa KK nanti Identitas KK aslinya akan terlihat di sistem setelah melakukan perekaman,”jelasnya.
Karena perekaman data e-KTP di Rutan Kelas II B Praya Of Line, lanjut Anita, e-KTP bagi para Narapidana akan dicetak di Disdukcapil Lombok Tengah dan setelah itu baru diserahkan kepada pihak Rutan untuk diberikan kepada Narapidana.”e-KTPnya kita cetak di Kantor,”tuturnya.
Anita membantah, perekaman data e-KTP bagi para Narapidana di Rutan Kelas II B Praya bukan terobosan dirinya selaku Kadisdukcapil Lombok Tengah, melainkan menjadi kewajiban dan tanggungjawab Disdukcapil untuk melakukan perekaman data e-KTP bagi seluruh masyarakat Lombok Tengah.” Bukan terobosan, cuman baru sekarang dilaksanakan, dan perekaman data e-KTP untuk para Narapidana ini juga hasil koordinasi dan permintaan dari pihak Rutan,”ujarnya.
Menurut Kepala Keamanan Rutan Kelas II B Praya, Muh. Fauzan, S.Sos, perekaman data e-KTP bagi para Narapidana merupakan tindak lanjut dari surat Himbauan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk menerbitkan e-KTP atau Surat Keterangan (Suket) pengganti e-KTP sementara bagi Narapidana.” Rutan adalah TPS khusus, dan pada Pemilu serentak 2019, Narapidana harus memiliki e-KTP atau Suket baru bisa menggunakan hak pilihnya,”ucapnya.
Dirinya yang juga selaku Ketua TPS Rutan Kelas II B Praya, terus berkoordinasi dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah, sehingga pada Pemilu serentak Tahun 2019 mendatang, tidak ada lagi Narapidana yang kehilangan Hak Pilihnya.” Untuk itulah kami bersinergi dengan Disdukcapil Lombok Tengah. sehingga pengalaman di Pilkada 2018 tidak terulang kembali, karena dari ratusan Napi, hannya 6 Napi yang boleh menggunakan hak pilihnya,”sebut Fauzan
Fauzan menjelaskan, jumlah Narapidana di Rutan Kelas II B Praya saat ini mencapai 305 orang Narapidana, dan 80 persen merupakan warga Lombok Tengah.”Per tanggal 29 Desember 2018, ada 305 Narapidana di Rutan Praya dan 80 persen merupakan warga Lombok Tengah,”pungkasnya. [slNews.com – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan