Menghidupkan Siskamling, Cara Polisi di Loteng Jaga Keamanan Lingkungan

Menghidupkan Siskamling, Cara Polisi di Loteng Jaga Keamanan Lingkungan

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Polres Lombok Tengah (Loteng) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Loteng, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar Apel Besar  Kepala Pos Keamanan Lingkungan ( Kaposkamling), di Lapangan Umum Puyung, Kecamatan Jonggat, Loteng, Rabu, (27/9/2017).

Apel Besar itu diikuti1.300 lebih Kaposkambling se – Loteng, dan di hadiri Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, S.IP, Dir Bimas Polda NTB Kombes Pol. Benny Basir, Kapolres Loteng AKBP. Kholilur Rochman, beserta seluruh Personil Polres Loteng, Kepala SKPD Linkup Pemkab. Loteng, dan para Kades/Lurah, Ketua Badan Keamanan Desa (BKD), Badan Keamanan Kelurahan (BKK) se – Loteng.

Dalam sambutan Apel Besar Kaposkamling, Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri mengatakan, secara kwantitas jumlah Anggota Polri dan sarana pelayanan yang tersedia belum sebanding dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang dilayani, sehingga pelayanan kepada masyarakat belum dirasakan optimal. Untuk itu, peran serta masyarakat melalui sistem keamanan Swakarsa sangat diperlukan dalam mewujudkan terpeliharanya situasi dan kondisi yang aman, nyaman serta kondusif.”

Kegiatan pengaman lingkungan  yang merupakan aplikasi dari Keamanan Swakarsa sudah terbukti membantu mengatasi berbagai gangguan yang terjadi dalam masyarakat. Untuk itu saya selaku Pelayan masyarakat Loteng   mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi – tingginya kepada Kapolres Loteng dan jajarannya yang telah memberikan pembinaan secara kontinyu kepada segenap stakholder  keamanan di daerah, mulai dari BKD/BKK, BPD, Kaposkamling  beserta para anggotanya yang telah berpartisifasi aktif dalam membantu Polri untuk menciptakan situasi yang kondusif di Loteng,” ucapnya.

Apel Besar Kaposkamling itu juga diisi dengan sejumlah atraksi bela diri oleh Anggota  Polres Loteng.

Ribuan masyarakat yang menyaksikan atriksi bela diri itu terkagum – kagum melihat kemampuan dan kelihaian Personil Polres Loteng di bidang Bela Diri.” Apel ini diikuti 1.300 Kaposkamling se – Loteng, mereka (Kaposkamling ) sangat antusias mengikuti kegiatan apel ini, kami juga memberikan bantuan dan hadiah kepada juara Lomba Poskamling, dan menampilkan pertunjukan atraksi Bela Diri, yang telah dipersiapkan oleh Personil Loteng,” sambung Kapolres Lombok Tengah AKBP. Kholilur Rochman.

Selain dilengkapi dengan pasilitas Poskamling, para Kaposkamling juga di bekali dengan keahlian Bela Diri, karena dalam melaksanakan tugasnya para Kaposkamling  dan Anggota Bhabinkamtibmas  tidak dilengkapi dengan Senjata.” Petugas Poskamling  tidak dilengkapi dengan Senjata maka diberikan pelatihan ilmu  Bela Diri Polri,” ucap AKBP. Kholilur Rachman.

AKBP. Kholilur Rochman juga menyampaikan peran serta masyarakat dalam menjaga kamtibmas lingkungannya semakin baik, dan berpesan kepada Kaposkamling bahwa tugas keamanan bukan saja diemban oleh kepolisian namun juga tanggung jawab seluruh masyarakat. Selain itu AKBP. Kholilur Rochman juga memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk memantau serta membimbing tugas keamanan dan mengefektifkan pos kamling agar masyarakat lebih giat untuk menjaga lingkungannya sehingga bisa membantu tugas kepolisian untuk mengelola kamtibmas kedepan.


Apel Besar Kaposkamling itu diakhiri dengan pemberian bantuan fasilitas Poskamling  oleh Wakil Bupati Loteng, didampingi Dir Binmas Polda NTB dan Kapolres Loteng, yang diterima masing – masing Kaposkaling.

Dilanjutkan dengan  pembagian  hadiah oleh Dir Binmas Polda NTB, didampingi Kapolres Loteng, dan Wakil Bupati Loteng kepada  13 Pos Kamling terbaik yakni Pos Kamling Bunut Kampar, Dusun Sisik, Desa Sisik, Kecamatan Pringgarata, Pos Kamling Selong Jaya, Dusun Selong, Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur, Pos Kamling Patuh Angen, Dusun Goak Lauk, Desa Mas – mas, Kecamatan Batukliang Utara. Pos Kamling Kubur Tikur, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Pos Kamling  Kampung Baru, Desa Jango, Kecamatan Janapria, Pos Kamling Lendang Bonter, Desa Prine, Kecamatan Jonggat. Pos Kamling Patuh Angen, Desa Dasan Baru, Kecamatan Kopang. Pos Kamling Tanggong Satu, Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya. Pos Kamling Jaya Gembala, Desa Kelebuh, Kecamatan Praya Tengah. Pos Kamling Peresaq Lauk, Desa Peresaq Kecamatan Batukliang, Pos Kamling Beriuk Patuh, Desa Batu Jai, Kecamatan Praya Barat. Pos Kamling Bun Riwak, Desa Sukadana, Kecamatan Pujut, dan Pos Kamling Manggong Gerak, Desa Mekar Damai, Kecamatan Praya.

Selain itu juga diberikan Hadiah berupa Piala dan Piagam Penghargaan oleh Polres Loteng kepada tiga Pos Kamling terbaik yakni Pos Kamling Bunut Kampar, Dusun Sisik, Desa Sisik, Kecamatan Pringgarata, Pos Kamling Selong Jaya, Dusun Selong, Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur, Pos Kamling Patuh Angen, Dusun Goak Lauk, Desa Mas – mas, Kecamatan Batukliang Utara. (slNews.com – rul)

No Responses

Tinggalkan Balasan