Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Masyarakat Langko Usul ke Pemerintah Bangun Puskesmas di Dusun Pondok

Masyarakat Langko Usul ke Pemerintah Bangun Puskesmas di Dusun Pondok
Kadus Pondok, M. Saleh bersama Warga Desa Langko menunjukkan lokasi lahan di Dusun Pondok, Desa Langko yang akan diusulkan ke Pemkab Lombok Tengah sebagai lokasi pembangunan Puskesmas Langko, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah, NTB, Rabu (03/7/2019)

SUARALOMBOKNEWS.COM – LOMBOK TENGAH | Masyarakat Desa Langko, Kecamatan Janapria mendesak Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk segera membangun Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Desa Langko, Kecamatan Janapria.
Pasalnya, Puskesmas Langko yang dulunya berada di wilayah Desa Langko, kini telah berada diwilayah Desa Selebung yang merupakan Desa hasil pemekaran dari Desa Langko.
Selain itu, kondisi masyarakat Desa Langko dan Desa tetangga yakni Desa Loang Maka, Tibu Sesok, Prako dan Desa Stute, Kecamatan Janapria kesulitan mendapatkan layanan kesehatan, karena jarak Puskesmas yang  jauh dan tidak strategis.”Puskesmas Langko yang kini berada di Desa Selebung, lokasinya dirasakan masyarakat Desa Langko dan Desa tetangga terlalu jauh, jadi masyarakat tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan maksimal. Untuk itu kami meminta kepada Pemkab Lombok Tengah untuk segera membangun Puskesmas baru di Desa Langko,”pinta Kepala Dusun (Kadus) Pondok, Desa Langko, M. Saleh, Rabu (03/7/2019).
Dalam waktu dekat Masyarakat Desa Langko akan meminta langsung kepada Pemkab Lombok Tengah untuk segera membangun Puskesmas baru di wilayah Desa Langko, sehingga masyarakat Desa Langko bisa mendapat layanan kesehatan dengan baik.
Selain meminta dibangunkan Puskesmas baru, masyarakat Desa Langko juga akan mengusulkan lokasi pembangunan Puskesmas kepada Pemkab Lombok Tengah.”Kami juga akan mengusulkan lahan seluas 35 are yang ada di Dusun Pondok sebagai lokasi pembangunan Puskemas Langko,”sambung tokoh masyarakat Desa Langko, H. Masnin.
Menurut H. Masnin, lokasi lahan yang akan diusulkan ke Pemkab Lombok Tengah itu sangat strategis sebagai lokasi pembangunan Puskesmas.”Jika permintaan masyarakat diterima, lahan itu sangat strategis untuk dijadikan sebagai lokasi pembangunan Puskesmas, karena letaknya dihimpit Desa Tibu Sesok, Prako, Loang Maka, dan Desa Stuta,”ucapnya

Terpisah, Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Lombok Tengah, Hamzan Halilintar mengatakan, keberadaan puskesmas sangat dibutuhkan masyarakat Desa Langko, agar saat warga yang sakit  tidak perlu kejauhan untuk berobat, serta mendapat pelayanan yang lebih maksimal lagi.“Jangan sampai akibat terlambat berobat, warga yang sakit bisa merintih kesakitan dan meninggal dunia,”ucapnya

Jika dilihat dari luas wilayah dan jumlah penduduk, lanjut Hamzan, Desa Langko sudah selayaknya memiliki Puskesmas, terlebih lagi Desa Langko merupakan desa tua yang kini wilayahnya telah dimekarkan menjadi, dua Desa yakni Desa Durian dan Desa Selebung, Kecamatan Janapria.”Untuk itu masyarakat mengusulkan pembangunan Puskesmas di wilayah Desa Langko, dan dalam waktu dekat warga akan menyampaikan langsung aspirasinya kepada Bupati dan DPRD Lombok Tengah,”ujarnya Hamzan. [slNEWS – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan